Home » Bisnis » 3 Cara Membuat Buku Uang Kas di Buku Tulis Lengkap! + Contoh

3 Cara Membuat Buku Uang Kas di Buku Tulis Lengkap! + Contoh

Buku uang kas merupakan pembukuan keuangan yang tujuannya untuk mengelola uang kas yang didapatkan dari berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pemasukan dan pengeluaran kas. Secara manual, buku uang kas bisa dibuat di buku tulis dengan cara membuat buku uang kas di buku tulis yang sangat mudah.

Jurnalnya cukup simple sebenarnya yang di dalamnya memuat informasi pemasukan dan pengeluaran. Informasi selengkapnya  tentang buku uang kas akan kami ulas dalam uraian di bawah ini!

Cara Membuat Buku Uang Kas di Buku Tulis

Buku uang kas folio dua halaman (skontro)

Untuk penulisan buku kas skontro atau dua halaman, halaman dengan dua muka di dalamnya harus Anda persiapkan. Di sana perlu Anda isi dengan halaman debit dan halaman kredit. Halaman debit atau kas masuk dipakai dalam mencatat pemasukan atau penambahan uang kas dan asal uangnya.

Terdapat empat kolom utama halaman debit yang terdiri atas :

  • Kolom pertama adalah kolom tanggal transaksi
  • Kolom kedua berkaitan dengan transaksi pemasukan yang ditulis secara singkat, jelas dan lebih mudah dimengerti
  • Kolom yang ketiga dipakai menulis nomor urut dari bukti uang masuk, sehingga kas akan meningkat
  • Kolom keempat untuk mengisi jumlah uang masuk yang disesuaikan dengan tanggal yang telah tercatat

Sementara halaman kredit yang dibuat adalah digunakan untuk mencatat pengeluaran uang dimana pada halaman ini Anda juga perlu menyertakan alasan dari pengeluaran yang terjadi secara lebih jelas dan tidak banyak basa – basi.

Selain itu, halaman kredit juga sama seperti sebelumnya terdiri atas beberapa kolom. Setidaknya ada empat kolom  pada halaman kredit buku skontro yang terdiri atas :

  • Kolom pertama diisi dengan tanggal
  • Kolom kedua Anda isi dengan pengeluaran sebagai transaksi kas keluar yang dilakukan
  • Kolom ketiga berisikan nomor pengeluaran secara urut
  • Kolom keempat diisi dengan catatan sejumlah uang yang dikeluarkan pada tanggal tersebut

Lihat Contoh di excel

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan buku uang kas jenis ini yaitu :

  • Pencatatan transaksi sangat mudah cocok untuk orang awam
  • Terdapat klasifikasi lajur debet dan kredit yang terpisah sehingga memudahkan pencatatan dan pengklasifikasian transaksi
  • Setiap kolomnya simple dan sangat mudah dipahami

Buku uang kas folio satu halaman

Cara membuat buku uang kas di buku tulis dalam bentuk folio satu halaman seringkali dipakai oleh usaha kecil yang memang transaksinya masih tidak terlalu banyak sehingga pencatatan manual masih bisa mengcover kebutuhan pencatatannya.

Keterangan yang berada di dalam pemasukan dan pengeluaran terdapat pada halaman yang sama sehingga jauh lebih memudahkan untuk dibaca dan tidak akan memakan terlalu banyak waktu. Terdapat 5 unsur dalam kolom pencatatan yang harus ada dan tak boleh dilewatkan dalam pembuatan buku uang kas folio satu halaman yaitu :

  • Kolom pertama isi dengan tanggal
  • Kolom kedua isi uraian
  • Kolom ketiga nominal kas masuk
  • Kolom keempat nominal kas keluar
  • Kolom kelima adalah saldo
Tanggal Uraian Kas masuk Kas keluar Saldo
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         

Pencatatan pada kolom kas keluar bisa dengan menempatkan tanda kurung (…) pada nominal yang dimasukkan sebagai tanda ada pengurangan uang kas.

Misalkan transaksi kas keluar untuk pembelian peralatan sekolah senilai Rp 25.000,00, maka bisa ditulis pada kolom kas keluar :

(Rp 25.000,00)

Artinya bahwa ada pengurangan uang kas sejumlah 25 ribu rupiah

Buku uang kas tabelaris

Lajur pada buku kas ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan. Cara membuat buku uang kas di buku tulis dengan konsep ini benar – benar praktis dan mudah terdapat di bagian sisi kiri dan harus diisi dengan debit dan pada bagian sisi kanan harus diisi dengan kredit.

Buku uang kas jurnal

Biasanya buku uang kas jurnal ini dimanfaatkan oleh suatu perusahaan dagang. Akan tetapi jurnal kas pun nyatanya sangat bermanfaat untuk mengetahui kas masuk dan kas keluar dari perusahaan yang menjadi pembeda hanya transaksi untuk dicatat pada transaksi tunai saja.

Jurnal kas ini bisa dibagi menjadi jurnal penerimaan kas yang di dalamnya terdapat catatan yang berkaitan dengan penerimaan kas dari hasil pembayaran piutang dan pendapatan penjualan dagang.

Sementara pada jurnal pengeluaran kas, yang dicatat adalah keseluruhan transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran kas dari nilai transaksi atas pembayaran utang dan pembayaran beban.

BACA JUGA : 3 Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran Excel

Itulah cara membuat buku uang kas di buku tulis yang Anda bisa lakukan. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang membawa manfaat khususnya Anda yang ingin belajar cara membuat buku uang kas di buku tulis.

Akan tetapi jika ingin lebih mudah, membuat buku uang kas bisa menggunakan aplikasi pengolah angka Microsoft excel dan melakukan pencatatan secara lebih terorganisir di sana. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan komentar