Home » Pendidikan » 5 Cara Belajar yang Baik dan Menyenangkan

5 Cara Belajar yang Baik dan Menyenangkan

CARA BELAJAR YANG BAIK – Belajar merupakan aktivitas dimana seseorang melakukan pendalaman terhadap ilmu. Saat ini, proses yang diwajibkan untuk setiap anak di Indonesia adalah melalui sekolah formal.

Sehingga, metode pembelajarannya pun mengikuti yang tengah diprogramkan oleh sekolah.

Selain dari guru, belajar berbagai bidang ilmu seperti teknologi, alam, budaya, sosial, politik, dan sains bisa dilakukan sendiri. Cara belajar yang baik dapat diterapkan oleh diri sendiri.

Pasalnya, diri Anda lah yang dapat mengerti bagaimana pendekatan yang tepat agar lebih memahami suatu ilmu.

Nah, cara belajar bagi satu orang dengan orang lain berbeda-beda. Ada yang lebih mudah memahami suatu materi dari mendengarkan cerita, melihat video, membaca, dan sebagainya.

Yang paling penting dalam menerapkan proses pembelajaran adalah memahami kebutuhan diri sendiri.

Namun, secara umum, ada lima cara belajar yang baik bagi pelajar. Dengan metode ini, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Nilai yang akan diterima pun akan semakin membanggakan. Untuk itu, sila simak ulasannya di bawah ini:

5 Cara Belajar yang Baik dan Menyenangkan

Belajar adalah kegiatan yang positif. Bahkan, dalam agama apapun, belajar adalah kewajiban untuk penganutnya.

Nah, dalam agama Islam, ayat Alquran yang pertama kali disampaikan kepada Nabi Muhammad adalah “iqra’” yang artinya membaca.

Untuk itu, sangat penting berdoa pada Tuhan sesuai dengan kepercayaan masing-masing sebelum mulai kegiatan belajar.

Dengan berdoa artinya, Anda memohon pada Tuhan untuk dimudahkan dalam proses belajar. Pun, dibuka pikiran sehingga ilmu dapat lebih mudah masuk ke dalam otak.

Untuk itu, selalu awali kegiatan belajar dengan bacaan doa.

Memilih Waktu yang Paling Tepat

Cara belajar yang baik selanjutnya adalah dengan memilih waktu yang tepat. Bagi setiap orang, puncak daya konsentrasinya berbeda-beda.

Namun, yang paling ideal dilakukan pada pagi hari saat otak masih dalam keadaan fresh.

Selain itu, tubuh pun belum terlalu capai. Pun, udara di pagi hari masih sangat segar, sehingga sirkulasi darah menuju ke otak pun menjadi lebih lancar. Konsentrasi pun semakin tinggi.

Tak hanya itu saja, Anda pun perlu membangun suasana pembelajaran yang lebih tenang. Tujuannya untuk membuat Anda lebih fokus serta mudah konsentrasi.

Anda bisa menaruh fragrance di ruangan, memilih tempat yang tidak gaduh. serta mengatur temperatur ruangan yang sejuk dan nyaman.

Ketika tubuh merasa nyaman, maka konsentrasi pun akan meningkat. Semua materi yang akan Anda pelajari akan mudah masuk ke dalam otak.

Membaca dan Pahami

Kunci dari cara belajar yang baik adalah dengan banyak membaca. Memahami suatu ilmu bisa dilakukan dengan membaca sebanyak-banyaknya referensi.

Nah, saat ini, referensi tidak hanya bisa didapatkan dari buku pelajaran saja. Melainkan juga dari internet, jurnal, dan bahkan video.

Carilah konten internet yang berisi informasi berkualitas. Namun, tetap fokus agar Anda tidak tergiur melakukan aktivitas browsing yang lain.

Saat membaca, Anda jangan hanya selintas saja menekuninya. Melainkan harus diimbangi dengan pemahaman isi yang baik. Jangan buru-buru menghafal. Cukup baca dan pahami konsepnya.

Jika sudah dipahami, maka Anda bisa mencari poin-poin yang penting dalam materi tersebut. Cara belajar yang baik bukan menghafalkan keseluruhannya, melainkan poin pentingnya saja.

Setelah itu, baru Anda jabarkan sesuai dengan interpretasi masing-masing.

Mencatat Poin Penting Lalu Beristirahatlah

Daya ingat manusia terbatas. Untuk itu, jangan hanya menghafalkan materinya. Anda harus menuliskannya.

Dengan menulis poin penting yang sudah dipelajari, maka Anda dapat melihat kembali dalam buku catatan. Anda pun tidak perlu mencarinya lagi di buku sebelumnya.

Cara belajar yang baik bukan berarti memforsir terus menerus daya pikir Anda. Otak juga merupakan organ dalam tubuh yang memiliki rasa lelah dan terbatas fungsinya. Jika Anda sudah merasa jenuh, beristirahat lah.

Anda boleh melakukan aktivitas menyenangkan seperti mengudap camilan sembari menyeruput jus. Jika sudah memberikan jeda otak untuk rehat sejenak, Anda bisa mulai lagi dalam keadaan fresh.

Untuk melakukan cara belajar yang baik, Anda bisa menerapkan teknik Pomodoro. Teknik belajar yang satu ini diperkenalkan Francesco Cirillo di akhir 1980-an. Ada lima tahapan yang bisa Anda lakukan.

Sembari santai, Anda bisa menerapkan teknik pemberian jeda istirahat. Cara ini kerap juga disebut dengan spaced learning atau cara efektif untuk memasukkan konsep serta materi dalam otak.

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Menentukan topik yang akan dipelajari
  2. Pasang stopwatch selama 25 menit
  3. Fokus pada materi
  4. Jika sudah 25 menit, beristirahat lah selama 5 menit
  5. Apabila telah diulang empat kali, beristirahat lah 15 hingga 30 menit.

Cara Belajar yang Baik : Sharing is Caring

Ilmu bukan benda material yang akan habis jika dibagikan ke teman-teman. Justru akan bertambah paham saat Anda memberikan penjelasan pada orang lain yang membutuhkan. Untuk itu, jangan pelit ilmu, ya!

Cara belajar yang baik juga bisa dilakukan dengan berkelompok. kegiatan ini akan memudahkan Anda mengatasi kesulitan dalam belajar. Yakni dengan cara bertanya pada teman yang lebih memahami materi.

Nah, belajar kelompok akan membuat Anda bisa berbagi informasi pada teman. Anda pun akan bertambah paham pada materi yang sedang dipelajari. Pun, akan paham materi yang belum dikuasai dengan bertanya pada teman.

Belajar kelompok akan menjadi ajang bagi Anda untuk saling bertukar pengetahuan dan saling menguntungkan.

Enjoy dan Perbanyak Latihan

Setiap orang memiliki cara belajar yang baik versi dirinya sendiri. Ada yang lebih menikmati belajar di kamar seorang diri dalam keadaan hening. Ada pula yang lebih senang berdiskusi dengan teman sembari bersantai.

Cara yang satu mungkin baik untuk Anda, tapi belum tentu bisa berlaku untuk orang lain. Untuk itu, cara mana pun yang dipilih, Anda harus selalu memiliki mindset belajar secara enjoy.

Jangan beri patokan waktu melainkan lebih mempertimbangkan fokus mana yang akan dikuasai.

Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain yang mungkin bisa belajar dalam waktu singkat untuk memahami materi. Jika sudah memiliki mindset ini, maka Anda pun akan merasa capai sendiri.

Sementara itu, materi tidak akan mudah masuk ke dalam otak. Hal ini terjadi karena pikiran Anda terbebani.

Setelah itu, perbanyak latihan. Sesuai dengan penelitian di Universitas Washington di tahun 2010 menyebutkan bahwa mengerjakan latihan lebih efektif ketimbang membaca dan mempelajari materi saja.

Lalu, tambahkan tingkat kesulitan dari materi yang hendak dipahami.

Berlatih menggunakan soal akan meningkatkan skill. Sebaiknya, Anda lakukan latihan soal secara bertahap terkait dengan tingkat kesulitannya.

Cara belajar yang baik bisa Anda tentukan sesuai dengan versi sendiri. Ingat ya, fokus lah pada materi dan jangan terlalu terpaku pada waktu. Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan komentar