Home » Saham » 5 Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu Rupiah Saja!

5 Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu Rupiah Saja!

Mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada cara bermain saham dengan modal 100 ribu rupiah. Tapi, kenyataannya adalah investasi dengan cara tersebut sangatlah mungkin untuk Anda lakukan.

Dengan uang tersebut, Anda bisa menjadi jutawan dengan cara berinvestasi saham. Bagaimana bisa uang 100 ribu rupiah bisa membuat seseorang menjadi jutawan?

Caranya mudah, yakni dengan melakukan investasi. Kebanyakan orang berpikiran bahwa berinvestasi hanya untuk mereka yang memiliki uang banyak.

Hal ini tidaklah salah 100%, namun terdapat juga instrumen investasi yang bisa Anda pilih dengan modal 100 ribu saja.

Tapi, Anda harus pintar-pintar dalam memilih instrumen investasi yang tepat dengan modal tersebut. Selain itu, komitmen dan kedisiplinan yang tinggi juga sangat diperlukan dalam berinvestasi.

Cara investasi dengan modal 100 ribu saja ini cocok sekali untuk para Gen Z dan kaum milenial yang tidak terlalu memiliki modal banyak, namun bisa menghasilkan keuntungan yang banyak.

Lantas, bagaimanakah caranya untuk berinvestasi dengan modal sedikit?

Yuk, langsung saja simak 5 cara berinvestasi dengan modal uang 100 ribu rupiah berikut ini.

BACA JUGA : 4 Contoh Analisa Fundamental Saham

Kenali 3 Jenis Resiko dalam Investasi

Sebelum Anda mengetahui apa saja cara bermain saham dengan modal 100 ribu rupiah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu risiko dari instrumen investasi mulai dari yang berisiko tinggi hingga yang terendah.

Jika sebuah instrumen investasi memiliki risiko yang rendah, berarti instrumen investasi ini hanya memberikan imbal balik yang kecil.

Sebaliknya, jika risikonya tinggi, maka Anda juga akan mendapatkan timbal balik yang tinggi.

Jadi, semakin tinggi risiko sebuah instrumen investasi, maka semakin tinggi juga imbal baliknya untuk Anda sebagai investor.

Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu jenis risiko investasi agar kamu lebih siap untuk berinvestasi.

  • Jenis yang pertama yaitu tipe konservatif. Jenis ini merupakan instrumen investasi yang memiliki  risiko paling rendah. Pada umumnya, orang yang memilih jenis ini merupakan mereka yang ingin main aman dan asal selamat, meskipun mendapatkan imbal balik yang rendah.
  • Jenis yang kedua yaitu tipe Moderat. Investor dengan tipe ini berarti sudah siap untuk mengambil risiko yang besar. Namun, ia selalu berhati-hati dan pandai dalam mengatur jumlah investasi pada instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi.
  • Tipe investor yang terakhir yaitu tipe agresif. Investor dengan tipe ini cenderung suka asal dalam berinvestasi dan mementingkan investasi yang memberikan imbal balik tinggi. Investor tipe ini juga sudah siap untuk merugi dalam jumlah besar dan untung dalam jumlah besar.

BACA JUGA : Trader Wajib Tahu Scalping Saham ! Ini Arti dan Caranya

Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Nah, setelah Anda paham jenis investor di atas, yuk langsung saja ketahui 5 cara bermain saham dengan modal 100 ribu rupiah berikut ini.

  1. Investasi Emas

Cara pertama yaitu Anda bisa mulai dengan melakukan investasi emas. Emas merupakan instrumen investasi yang memiliki level risiko rendah, sehingga cocok buat Anda yang pemula dan ingin main aman.

Namun, dengan uang sebesar 100 ribu rupiah tentu Anda tidak bisa mulai dengan investasi emas batangan, karena modal yang dibutuhkan juga besar.

Lalu, investasi emas yang bagaimana?

Anda bisa memulai investasi emas dengan menabung emas atau melalui aplikasi online di Play Store.

Contoh aplikasi online untuk investasi emas yaitu Tamasia, e-mas, Pegadaian Digital, IndoGold, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mulai menabung emas di Tokopedia Emas yang sudah bekerja sama dengan pihak Pegadaian.

Aplikasi ini lebih terpercaya karena merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dan bekerja sama dengan perusahaan BUMN.

  1. Pendanaan P2P Lending

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu selanjutnya yaitu dengan pendanaan P2P Lending. Investasi ini memiliki level risiko moderat dan banyak diminati oleh para kaum milenial.

Nah, buat Anda yang masih belum tahu apa itu investasi pendanaan P2P Lending, ini merupakan pemberian pinjaman ke orang-orang yang membutuhkan uang.

Anda bisa menjadi pemberi modal untuk pihak lain, baik itu individu ataupun organisasi.

Tidak semua platform P2P Lending memiliki modal yang rendah, tapi ada yang bisa dimulai dengan modal 100 ribu rupiah saja, yaitu Modalku dan KoinWorks.

Tips untuk memilih platform yang kredibel yaitu pastikan bahwa platform yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

  1. Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana juga salah satu cara bermain saham dengan modal 100 ribu rupiah saja. Instrumen investasi satu ini memiliki level risiko: yang rendah hingga tinggi.

Buat yang masih pemula mungkin kebingungan dengan investasi reksa dana. Pasalnya, instrumen investasi satu ini memiliki banyak sub jenis.

Contoh sub jenis investasi reksa dana yang terkenal yaitu reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, reksa dana campuran dan reksa dana saham.

Lalu, mengapa investasi reksa dana memiliki level risiko yang rendah hingga level tinggi? Pasalnya, setiap jenis investasi reksa dana memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda, jadi tergantung dari jenis yang Anda pilih.

Untuk risiko reksa dana yang paling rendah yaitu reksa dana pasar uang, sedangkan reksa dana saham adalah yang paling tinggi risikonya.

  1. Investasi Saham

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang keempat yaitu investasi saham. Jika Anda ingin mulai investasi saham, maka harus siap dengan risiko tinggi dari jenis investasi ini.

Tapi, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Jenis ini juga sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Namun, cara bermain saham dengan modal 100 ribu ini memang dikenal tidak mudah dan sedikit rumit.

Hal ini karena Anda sendiri yang harus bisa mengatur dana untuk diinvestasikan.

Hal ini berbeda dengan jenis investasi lainnya, misalnya reksa dana dan P2P Lending, yang sudah ada ahli yang mengatur investasi Anda.

Jadi, Anda hanya tinggal melihat dan duduk manis saja.

Selain itu, jika Anda ingin berinvestasi saham, maka Anda harus pandai dalam memilih emiten atau perusahaan tempat Anda berinvestasi.

Hal dasar yang harus Anda pelajari adalah analisis teknikal dan juga analisis fundamental.

  1. Menggunakan Aplikasi Ajaib

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang terakhir yaitu menggunakan aplikasi ajaib. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan jual beli saham yang bisa Anda akses secara online.

Akan tetapi, memang tidak semua aplikasi tersebut bisa memulai saham dengan modal 100 ribu saja.

Nah, namun jangan khawatir karena sekarang ada aplikasi Ajaib yang bisa menjadi salah satu cara bermain saham dengan modal 100 ribu saja.

Anda bisa mengunduh aplikasi Ajaib di Play Store atau App Store secara gratis. Mengapa harus memilih aplikasi Ajaib?

Hal ini karena banyak kelebihan dari aplikasi ini, seperti bisa investasi dengan modal kecil mulai dari Rp. 10.000, dan masih banyak kelebihan lainnya.

Nah, itulah cara bermain saham dengan modal 100 ribu saja dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber : bankrate.com

Tinggalkan komentar