3 Cara Membeli Saham Telkomsel dan Minimal Pembeliannya

CARA MEMBELI SAHAM TELKOMSEL – Telekomunikasi Seluler atau lebih dekat anda dengar sebagai Telkomsel adalah perusahaan penyedia jaringan komunikasi paling besar di Indonesia.

Bila anda berminat untuk membeli saham telkomsel, anda tidak dapat melakukan langsung loh. Kenapa?

Karena Telkomsel sebagai anak perusahaan dari PT Telkom yang masih belum go public secara mandiri. Lantas bagaimana cara membeli saham Telkomsel?

Gampang saja, anda dapat membeli saham perusahaan induknya yakni PT Telkom. Nah, untuk cara membeli saham-nya yang lengkap, baca artikel di bawah ini.

Anak perusahan PT. Telekomunikasi Indonesia

Anak perusahaan PT Telkom lumayan banyak. Berikut sejumlah anak perusahaan dari PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk :

  • PT Telekomunikasi Selular (“Telkomsel”)
  • PT Telkom Akses
  • PT Telekomunikasi Indonesia International (“TII”)
  • PT Patra Komunikasi Indonesia (“Patrakom”)
  • PT Napsindo Primatel (“Napsindo”)
  • PT Multimedia Nusantara (“Metra”)
  • PT Metranet
  • PT Jalin Pembayaran Nusantara
  • PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia
  • PT Indonusa Telemedia (“Indonusa”)
  • PT Graha Sarana Duta (“GSD”)
  • PT Dayamitra Telekomunikasi (“Dayamitra”)

Cara Membeli Saham Telkomsel

Pada Bursa Efek Indonesia, PT Telkom sebagai perusahaan induk dari Telkomsel, mempunyai code emiten ‘TLKM’.

Pada artikel ini, kami akan mengulas 3 Cara membeli saham Telkomsel dan berapa minimal pembelian saham telkomsel, berikut selengkapnya.

Cara Membeli Saham Telkomsel Lewat Broker

Broker atau perusahaan sekuritas sebagai perusahaan layanan yang melayani jual-beli efek atau surat berharga termasuk saham dan obligasi.

Di Indonesia sendiri, ada banyak perusahaan broker yang bisa anda tentukan, diantaranya ialah Universal Broker.

Perusahaan ini sudah bisa dibuktikan menangani investasi saham dengan cara terbaik dengan biaya yang logis dan tentu saja, anda akan memperoleh tutorial dan layanan terbaik yang bakal mengantar anda pada efektivitas dan keringanan investasi saham.

Untuk beberapa langkah pembelian sahamnya sebagai berikut ini:

1. Lakukan registrasi. Untuk lakukan registrasi, anda dapat melakukan lewat cara online atau off line dengan mendatangi perusahaan sekuritas yang anda pilih

2. Kemudian, anda akan diarahkan untuk buka rekening saham dan buka RDN (Rekening Dana Nasabah) yang nanti dipakai untuk transaksi jual-beli saham

3. Kalau sudah, anda langsung bisa menuju ke pilihan pembelian dan cari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dalam penelusuran. Anda bisa juga langsung menuliskan code emitennya yakni ‘TLKM’

4. Teruskan ke pilihan pembayaran dan ikuti beberapa langkah selanjutnya

5. Proses settlement atau penuntasan transaksi bisa dilakukan selama T+2 atau mungkin kurang lebih sama dengan dua hari sesudah transaksi dilakukan

6. Bila transaksi telah sukses, anda dapat memeriksa halaman portofolio yang bakal memperlihatkan daftar pemilikan saham yang sudah anda beli, termasuk di dalamnya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan jumlah saham yang anda beli

7. Saat melakukan transaksi jual-beli saham, anda pun harus bayar fee untuk perusahaan broker yang anda pakai jasanya. Fee dari tiap-tiap perusahaan broker tidak sama, jadi ketika menentukan broker, lihat harga fee nya

Nah, cara membeli saham Telkomsel telah usai. Anda tinggal mengawasi kondisi pasar dan menyaksikan gerakan saham anda untuk putuskan cara apa yang bakal anda kerjakan untuk saham Telkomsel anda.

Cara Membeli Saham Telkomsel lewat Indo Premier

Di Indonesia, ada bermacam perusahaan sekuritas yang sudah lama bekerja. Diantaranya ialah PT. Indo Premier Sekuritas.

Disamping itu, masih banyak kembali, seperti BNI Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Berdikari Sekuritas, dan BCA Sekuritas.

Karena sekarang ini kami cuman mempunyai account di PT. Indo Premier Sekuritas, jadi kami cuman dapat mengulas mengenai cara membeli saham telkomsel lewat web Indopremier.

Berikut cara-caranya:

  1. Membuka web indopremier.com/ipotgo, selanjutnya login memakai Login ID dan Sandi Anda
  2. Click ikon Daftar Saham
  3. Mencari code saham TLKM, lalu click ikon B yang ada di ujung paling kanan, samping ikon S
  4. Kemudian, Anda akan diminta untuk Login Pin, click tombol OK
  5. Pada bagian ujung samping atas kiri, ada menu Member Area. Click menu itu, lalu click tombol Login Pin
  6. Masukan PIN Anda, lalu click tombol Confirm
  7. Kalau sudah sukses masuk, ulang cara 2 dan 3
  8. Kemudian, akan ada pop up untuk lakukan pembelian saham TLKM. Silahkan mengatur seperti keinginan Anda. Tetapi, untuk contoh ini, silahkan kita membeli 5 lot (500 lembar) saham TLKM saja
  9. Berdasar harga hari ini, rupanya 5 lot saham TLKM berharga Rp1.570.000. Bila Anda sepakat dan jumlah saldo yang ada cukup, silahkan click tombol Submit Buy
  10. Akan ada pop up kembali untuk mengonfirmasi pembelian saham TLKM Anda. Bila setuju, click tombol Confirm Buy
  11. Transaksi pembelian saham TLKM Anda dinyatakan sukses bila ada investor lain yang jual saham TLKM mereka sesuai harga beli yang Anda pasarkan. Disamping itu, transaksinya juga cuman bisa terjadi sepanjang jam perdagangan pada hari bursa.

Catatan : Kecuali lewat web Indo Premier, Anda bisa juga membeli saham TLKM lewat aplikasi IPOTGO dan IPOTULTIMA yang dapat diunduh di Google Play atau App Store.

Demikian cara membeli saham telkomsel melalui Indopremier, mari kita lanjut.

Cara Membeli Saham Telkomsel lewat Pembelian Produk Reksadana Saham Tertentu

Reksadana saham ialah tipe reksadana yang minimal 80% dana kelola ditempatkan pada portofolio saham.

Reksadana saham terdiri atas dua tipe, yakni reksadana saham biasa dan reksadana saham index.

Reksadana saham biasa tujuannya ialah produk reksadana saham yang diatur secara aktif oleh manager investasi dengan arah untuk menaklukkan pasar atau beat the market.

Sedang reksadana saham index sebagai produk reksadana saham yang diatur secara pasif oleh manager investasi dan mempunyai tujuan untuk menyamakan nilai index yang jadi referensi. 

Untuk cara membeli saham telkomsel lewat produk reksadana saham, Anda harus memeriksa lebih dahulu apa produk reksadana saham yang bakal Anda beli itu mempunyai saham TLKM dalam portofolio mereka atau tidak.

Namun sayang, ini susah dilakukan bila Anda membeli produk reksadana saham biasa ingat info portofolio termasuk hal yang peka untuk pihak manager Investasi dan memang seharusnya tidak dibuka ke khalayak, terkecuali beberapa saja sebagai contoh.

Sedang bila Anda membeli produk reksadana saham index, pemeriksaan portofolio ini termasuk gampang dilaksanakan.

Triknya, Anda cukup menyaksikan apa index yang jadi referensi oleh reksadana saham index itu, selanjutnya lihat adakah saham TLKM di dalamnya.

Bila iya, maka dapat dipastikan produk reksadana saham itu mempunyai saham TLKM sebagai salah satu portofolionya.

Berikut ini ialah contoh beberapa index referensi yang mempunyai saham TLKM:

  • IDX30
  • LQ45
  • SRI KEHATI
  • JII

Dan berikut beberapa produk reksadana saham yang kemungkinan mempunyai portofolio saham TLKM:

  • BNI AM Index IDX30
  • Premier IDX30
  • Batavia LQ45 Plus
  • Kresna Index 45
  • Danareksa Index Syariah
  • BNP Paribas Sri Kehati

Berapa Minimal Pembelian saham Telkom ?

Jadi untuk membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau IDX (situs resmi BEI) tidak boleh membeli per 1 lembar, ada jumlah minimalnya. Istilahnya LOT.

Nah, jumlah per 1 lot ini yang penting dipahami berapakah banyaknya oleh beberapa trader atau minimal calon.

Saat sebelum 6 Januari 2014, jadi ini dahulu, jumlah per 1 lot ialah 500 lembar saham.

Tetapi, karena OJK ingin memberi kemudahan pada warga indonesia dalam melakukan investasi saham, karena itu mulai 6 Januari 2014 itu sudah ditetapkan jika jumlah helai saham per 1 lot = 100 lembar.

Itu maknanya, jika dahulu orang ingin membeli saham yang harga Rp50 per helai perlu modal Rp25.000, nah saat ini cuman Rp5.000 saja.

Jadi jika ada yang mencari di Google kalimat “main saham modal 1 juta” maka itu sama sekali tidak benar.jumlah 1 lot saham.

Karena kenyataannya, saat ini saja ada perusahaan sekuritas yang tidak menyaratkan sama sekali minimal deposit untuk nasabahnya.

Keputusan itu berlaku untuk semuanya saham di BEI, mau itu saham Unilever (code sahamnya UNVR), Telkom, BCA, BRI, MYOR, PGAS, LPCK dan yang lain semua dapat diperoleh dengan 100 lembar saja per lotnya.

Jadi Jawab dari minimal pembelian saham telkom ialah 100 lembar. (Untuk nilai  rupiah tidak bisa kami pastikan karena tergantung harga saham terbaru yang selalu berubah ubah)

Penutup

Pokoknya, investasi saham itu investasi murah. Siapa saja bisa, termasuk mahasiswa, pengangguran, apa lagi karyawan sekalipun itu penghasilannya UMR.

Anjuran kami, buat yang baru ingin mulai trading, yakinkan selalu belajar tehnik cara menilai harga wajar saham.

Janganlah lekas membeli saja karena tidak selamanya perusahaannya bagus, karena itu sahamnya bagus dibeli. Ada saatnya walaupun saham bluechip sekalipun dapat kita jauhi, khususnya jika labanya kembali turun.

Ada beberapa cara menilai apa harga saham telah murah atau tidak, tetapi yang kerap digunakan oleh investor berpengalaman sekalipun, cuman memakai dua rasio, yakni PBV dan PER.

Baik itu PBV, PER, dan ROE, semua ialah rasio yang dipakai dalam melakukan analisis mendasar saham.

Memang dengan tahu semuanya kita tidak dapat putuskan apakah saham tertentu layak beli atau mungkin tidak, tetapi sekurang-kurangnya kita dapat tahu sedikit valuasi saham yang sesungguhnya.

Selebihnya, dapat belajar kembali masalah timing membeli saham yang cocok seperti apa.

Jika semua tingkatan dalam analisis dapat dilaksanakan, maka kami percaya kawan Analis semua dapat memahami bagaimana trading saham yang sesungguhnya, tak perlu terlilit dengan layanan referensi dari para ahli.

Pokoknya, kata orang bijak “tahu 1 ilmu langsung praktik, dan tak perlu menunggu mempunyai ilmu 100 baru diperaktekkan”.

Kelihatannya cukup pembahasan Mengenai cara membeli saham telkomsel, berapa minimal pembeliannya serta sedikit saran dari kami. Selamat melakukan investasi!

Tinggalkan komentar