Home » Ide Bisnis » Kenali Cara Menjual Foto Di Shutterstock, Biar Cuan Ngalir Terus

Kenali Cara Menjual Foto Di Shutterstock, Biar Cuan Ngalir Terus

Bagi Anda yang senang mengambil gambar,ternyata bisa menghasilkan uang loh. Syaratnya adalah harus tahu bagaimana cara menjual foto di Shutterstock. Kenapa harus Shutterstock?

Karena Shutterstock ini adalah website paling populer tempatnya para fotographer menjual foto-foto yang keren.

Menjual foto di Shutterstock ini bayarnya tidak kaleng-kaleng loh, bayarnya  pakai Dollar. Tentunya kesempatan ini jangan sampai terlewatkan, kapan lagi dari hobi bisa menghasilkan cuan.

Jika Anda  memiliki banyak koleksi foto yang amazing, buruan deh segera upload website Shutterstock untuk dijual.

Melalui situs ini banyak fotografer yang berhasil mendapatkan penghasilan. Tapi sayangnya banyak fotografer atau orang Indonesia yang belum mengetahui informasi ini.

Padahal di luar negeri, situs ini ramai diserbu. Jika Anda tertarik untuk mengikuti cara menjual foto di Shutterstock, berikut adalah ulasannya.

BACA JUGA : 6 Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan di Rumah dan Tips Suksesnya

Langkah Dan Cara Menjual Foto di Shutterstock

Langkah dan cara menjual foto di Shutterstock ini sebenarnya gampang. Baik pemula sekalipun pasti bisa menggunakannya.

Nah, jika Anda ingin hasil jepretan Anda dipajang di website Shutterstock, bisa mengikuti cara dan langkah berikut ini.

1. Registrasi Menjadi Contributor

Cara menjual foto di Shutterstock adalah Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menjadi Kontributor di Shutterstock.

Cara untuk registrasi cukup mudah, langsung masuk saja pada website Shutterstock. Kemudian scroll hingga menemukan menu ‘Registrasi’.

Klik pada tombol ‘Registrasi’ untuk mendaftar menjadi Contributor. Jika sudah selanjutnya tinggal mengisi formulir yang sudah disiapkan oleh pihak Shutterstock.

Isi dengan lengkap formulir, pastikan data yang diisikan sudah benar. Dengan mengisi formulir tersebut nanti Anda akan bisa mendapatkan akun di website Shutterstock.

Selanjutnya adalah melakukan konfirmasi terhadap email yang digunakan untuk mendaftar pada situs Shutterstock.

Apabila nanti konfirmasinya berhasil, itu tandanya Anda berhasil menjadi salah satu Contributor baru di website Shutterstock.

2. Konfirmasi Akun Yang Digunakan

Cara menjual foto di Shutterstock selanjutnya yaitu dengan konfirmasi akun yang sudah didapatkan dari website Shutterstock.

Konfirmasi akun ini memang wajib bagi setiap Contributor baru Shutterstock. Untuk melakukan konfirmasi ini, nanti pihak dari Shutterstock akan memberikan instruksi  kepada Anda.

Biasanya Anda akan diminta untuk mengunggah foto KTP beserta password sebagai Contributor.

Maka dari itu sebaiknya siapkan terlebih dahulu dokumen tersebut sebelum mendaftar di Shutterstock. Dengan begitu jika sudah masuk ke websitenya tidak ribet menyiapkan dokumen kembali.

3. Miliki Terlebih Dahulu Akun Paypal

Sebelum mendaftar menjadi Kontributor, sebaiknya Anda memiliki akun Paypal terlebih dahulu.

Sebab dalam melakukan semua transaksi, Shutterstock, memakai Paypal. Hal ini dikarenakan Paypal lebih aman untuk sarana jual beli.

Sebab website Shutterstock ini diakses dari berbagai penjuru dunia. Semua orang bisa memanfaatkannya.

Jadi untuk memudahkannya, maka pihak Shutterstock memilih menggunakan Paypal. Jadi penting bagi Anda yang tertarik bergabung dengan Shutterstock untuk memiliki Paypal terlebih dahulu.

4. Pilih Foto Yang Akan Diupload

Jika sudah berhasil proses registrasinya,maka selanjutnya Anda sudah bisa menjual koleksi foto yang sudah dimiliki.

Cara menjual foto di Shutterstock ini yaitu dengan mengupload foto yang Anda hasilkan.Pilihlah foto yang memiliki kualitas keren dan terbagus.

Sebab pihak Shutterstock memiliki penilaian tersendiri. Penilaian foto yang dilakukan oleh pihak Shutterstock diantaranya adalah foto yang Anda upload adalah foto hasil jepretan sendiri.

Apabila object yang Anda foto adalah orang, makan release ya.

Artinya adalah model tersebut harus membuat pernyataan bahwa model tersebut bersedia untuk dijadikan object foto.

Syarat lainnya yaitu foto yang diunggah tidak boleh foto yang ada watermarknya atau foto yang ada unsur brandnya. Karena dianggap merusak orisinalitas dari foto.

5. Tunggu Review Dari ShutterStock

Setelah Anda berhasil mengupload foto yang dipilih, cara menjual foto di Shutterstock selanjutnya adalah tinggal menunggu review dari pihak Shutterstock.

Apabila foto yang Anda unggah lolos seleksi, maka selanjutnya foto tersebut akan langsung di pajang di website Shutterstock.

Namun jika foto yang Anda unggah tidak lolos seleksi, maka pihak Shutterstock akan menunda terlebih dahulu untuk memajang foto tersebut.

Nantinya pihak Shutterstock ini akan memberikan arahan kepada foto yang tidak lolos seleksi.

Misalnya saja bahwa foto tersebut kurang fokus, kurang pencahayaan,kurang presisi dan lain sebagaianya.

Dengan saran tersebut, pihak Shutterstock berharap para Contributor menjadi makin tahu bagaimana bisa menghasilkan foto yang memiliki nilai jual.

Untuk tahap seleksi foto ini dilakukan oleh pihak yang memiliki pengalaman. Jadi untuk penilaiannya sudah tidak diragukan lagi.

Nah, dengan berbekal instruksi dari pihak Shutterstock, bisa dijadikan bekal dalam menghasilkan jepretan terbaik di masa datang dan laku untuk dijual.

Bagi foto yang berhasil lolos seleksi, maka secara otomatis foto tersebut sudah dibeli oleh Shutterstock.

Dengan begitu nanti pihak Shutterstock akan memberikan keterangan harga atau pendapatan dari foto yang lolos tersebut.

Saldo untuk Paypal ini harus mencapai dua ratus Dollar terlebih dahulu.

Jika sudah, maka Contributor dapat melakukan penarikan saldo tersebut ke rekening bank yang dimiliki. Itu artinya pembayaran lewat Paypal terlebih dahulu baru ditarik melalui rekening bank masing-masing.

BACA JUGA : 7 Usaha Yang Langka Tapi Menguntungkan

Syarat Agar Foto Bisa Dijual Di ShutterStock

Siapa saja bisa mengikuti cara menjual foto di Shutterstock, namun tentunya harus melalui beberapa kriteria terlebih dahulu.

Berikut adalah syarat serta kriteria yang harus dimiliki foto tersebut agar lolos seleksi. Syarat dan persyaratan tersebut diantaranya  adalah sebagai berikut.

Foto Harus Memiliki Resolusi Yang Jelas

Syarat utama yang harus dimiliki foto yang bisa lolos seleksi oleh Shutterstock adalah foto yang memiliki resolusi yang jelas.

Untuk resolusi foto yang diupload harus memiliki resolusi minimal 4 megapixel.

Jenis file yang dikirim harus dalam bentuk jpeg, vector. Formatnya juga harus sesuai yang ditentukan oleh Shutterstock, yaitu eps.

Namun jika filenya dalam bentuk vektor, mka tinggal upload saja file dalam bentuk eps.

Foto Harus Memiliki Kualitas Gambar Yang Bagus

Shutterstock sebenarnya merupakan pihak yang welcome, sebab meski foti berasal dari jepretan handphone bisa diikutkan.

Namun tetap perhatikan kualitas gambarnya, supaya lolos dari proses penyeleksian.

Jadi ketika memfoto dengan kamera handphone, sebaiknya perhatikan juga dari segi pencahayaan, focus dan juga noise nya.

Jadi foto yang dihasilkan juga hasilnya menjadi lebih berkualitas, supaya kesempatan untuk lolos seleksi juga semakin besar.

Foto Tidak Ada Unsur SARA

Syarat utama cara menjual foto di Shutterstock adalah dengan mengirim foto yang tidak mengandung SARA.

Pihak Shutterstock memberi peringatan keras terhadap hal ini. Jika terbukti Contributor mengirimkan foto yang mengandung SARA, maka pihak Shutterstock tidak segan-segan memblokir akun Anda.

Cara menjual foto di Shutterstock tinggal masuk ke website Shutterstock dan upload foto pada tombol ‘images’.

Tinggal klik select atau multiple select jika ingin mengupload beberapa foto. Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi pada foto tersebut. Jika sudah tinggal ‘Submit’.

Untuk uploadnya juga gampang, tinggal pake PC, laptop, atau pakai handphone. Selanjutnya tinggal tunggu sekitar 5 hari untuk direview.

Tinggalkan komentar