Home » Ide Bisnis » Cara Menjalankan Franchise JNE, JNT, Sicepat Terlengkap

Cara Menjalankan Franchise JNE, JNT, Sicepat Terlengkap

FRANCHISE JNE, JNT, SICEPAT – Dengan adanya perkembangan pada bisnis online, maka peran ekspedisi pun sangat dibutuhkan.

Sehingga, banyak berkembang jasa pengantaran barang di Indonesia. Namun, diantara semua ekspedisi yang ada, ada tiga perusahaan yang terbaik, diantaranya JNE, JNT, serta Sicepat.

Nah, Anda pun saat ini bisa menjalankan bisnis berupa franchise JNE, JNT, Sicepat yang tentu saja akan sangat menguntungkan.

Para pebisnis pun melihat ini sebagai peluang bisnis yang permintaannya sangat tinggi. Tak heran jika banyak yang kemudian membuka bisnis waralaba kurir yang cukup menjanjikan.

Jika Anda tertarik juga untuk menjalankan bisnis ini, silakan simak bagaimana bergabung menjadi agen dan mitra untuk ketiga ekspedisi tersebut. Langsung saja, berikut informasi selengkapnya!

Cara Buka Bisnis Franchise JNE

Untuk menjadi agen JNE, ada beberapa persyaratan yang mesti Anda penuhi. Mulai dari dokumen pribadi, hingga syarat tempat usaha.

Nah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak langkah-langkah menjadi agen berikut ini:

1. Mengisi formulir pendaftaran SCRF atau sales counter registration form dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 2.000.000,-.

Melengkapi beberapa dokumen seperti fotokopi KTP pemohon (1 lembar), pas foto berwarna (background merah) berukuran 4×6 (1 lembar), serta fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir.

Beberapa dokumen penunjang yang perlu Anda lengkapi termasuk:

  • Surat kepemilikan tempat usaha berupa perjanjian sewa jika status tempat usaha adalah sewa. Jika tempat usaha adalah milik pribadi maka sediakan fotokopi SHM (Sertifikat Hak Milik) maupun (AJB) Akta Jual Beli.
  • Fotokopi HO (HInder ordonantie) atau surat izin gangguan yang dikeluarkan oleh Dinas Perizinan Pemerintah Daerah.
  • Fotokopi bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).
  • Foto denah letak calon lokasi untuk usaha tampak dalam dan tampak luar dengan 4 sisi pengambilan

3. Selanjutnya, Anda perlu membayar biaya perlengkapan sales dan memberikan uang jaminan sebesar Rp 5.000.000,-

4. Pemohon harus mengikuti proses interview oleh sales retail ketika mengembalikan persyaratan.

5. Jika sudah disetujui untuk membuka keagenan, maka calon petugas harus ikut pelatihan yang diselenggarakan JNE berupa pelatihan FLDP (frontline development program) selama sehari, serta PKL atau on job training di cabang utama 2 hari.

6. Jika sudah berjalan, Anda harus menyetorkan hasil penjualan sesudah dipotong dengan komisi maksimal H+1 sesuai laporan penjualan harian.

Untuk membuka franchise JNE, Anda juga harus memenuhi syarat lokasi diantaranya jarak minimum 1 km dari sales counter JNE yang lain, ukurannya minimal 3×4 m, bangunan permanen dengan lantai keramik serta mempunyai AC, bisa diakses kendaraan roda 4 serta mempunyai lahan parkir yang memadai.

Franchise JNE ini juga menetapkan syarat perlengkapan kerja berupa 2 unit komputer atau lebih. Serta harus memiliki jaringan ISP atau internet service provider paling minim 1 Mbps.

Kelengkapan lainnya berupa timbangan, printer laser jet, keranjang sortir plastik dengan ukuran 68 x 48 x 40 cm sebanyak 4 (minimal) dengan warna biru, ATK, jaringan komunikasi aktif, serta menyediakan adanya trolley akan kegiatan memindahkan barang berat menjadi lebih mudah.

Untuk perlengkapan sales franchise JNE sendiri disediakan oleh cabang utama dimana Anda mendaftarkannya.

Cara Buka Bisnis Franchise JNT

Kini, JNT sudah membuka keagenan untuk daerah Jawa Timur saja serta memiliki lingkup yang terbatas.

Jika dibandingkan dengan ekspedisi lain, maka franchise JNT, sistemnya sangat unik. Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk, bahas bersama!

1. Menghubungi Cabang / Perwakilan JNT di Setiap Provinsi

Hingga kini, JNT memang belum mengajak masyarakat untuk jadi agen. Akan tetapi, JNT akan menyesuaikan kebutuhan setiap cabang di semua provinsi. Seperti saat ini, di Jawa Timur dibuka kemitraan JNT. Anda bisa menghubungi JNT Ekspress di PT Karya Niaga Abadi Jalan Ngagel Jaya Selatan nomor 15, G-H Surabaya. Sila catat kontaknya di 031 504 0881 atau bisa juga ke 0822 5772 8400.

2. Penuhi Syaratnya

Untuk menjalankan bisnis franchise J&T, ada beberapa persyaratan yang mesti Anda penuhi diantaranya :

  • WNI dibuktikan dengan e-KTP asli
  • NPWP
  • Kartu keluarga
  • Akta Pendirian Usaha dan Surat Izin Usaha.
  • Mempunyai tempat untuk kantor (bisa sewa atau milik pribadi) yang mudah diakses.
  • Komputer
  • Printer
  • Timbangan digital 30 kg
  • SDM

3. Ikuti Tahapannya

Saat persyaratan sudah dipenuhi, ikutilah tahapan untuk membuka franchise JNT. Cukup datang ke kantor cabang, maka Anda pun akan didaftarkan kepada pengelola.

Tinggal ikuti saja prosedur yang diarahkan. Jika lulus administrasi, Anda pun akan memperoleh program pelatihan.

4. Ketahui Cara Kerjanya

Apabila telah dinyatakan lolos, maka Anda pun harus tahu cara kerja franchise J&T ini. Kurang lebihnya sekitar menerima barang dari pelanggan, kemudian mengirimkannya pada lokasi tujuan.

Agen akan mendapat komisi dari beban setiap kilo yang dikirim. Total royaltinya sesuai dengan kesepakatan bersama.

Cara Buka Bisnis Franchise Sicepat

Yang akan dibahas berikutnya adalah bagaimana cara menjalankan franchise Sicepat. Dimana ekspedisi ini telah didirikan semenjak 2004.

Sicepat pun menjadi ekspedisi yang terbaik di Indonesia bersanding dengan JNE, J&T, dan TIKI.

Ada banyak layanan yang sudah dihadirkan oleh Sicepat yang dapat dinikmati pelanggan.

Mulai dari Sicepat Cargo, Sicepat Best, Sicepat Reguler, COD, Sicepat Go, dan Sicepat Syariah.

Sebelum membahas tentang cara menjadi agen, sebaiknya Anda penuhi terlebih dahulu syarat dan dokumen yang dibutuhkan, diantaranya :

  • Email
  • No HP

Langkah-langkah franchise Sicepat sebetulnya tidak terlalu rumit seperti menjadi agen JNE dan J&T.

Nah, berikut adalah step yang mesti Anda lewati untuk menjadi agen :

  1. Kunjungi website sicepat.com/home/joinForm
  2. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, no, HP, email, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kode pos, dan juga alamat.
  3. Apabila sudah, Anda klik “daftar”.
  4. Buka lah email yang didaftarkan, kemudian Anda klik “konfirmasi email”.
  5. Setelah itu, Anda pun sudah terdaftar sebagai agen dari Sicepat, mudah sekali, kan?

Setelah Anda menjadi agen Sicepat Express, maka Anda pun bisa menikmati semua layanan yang tersedia.

Anda juga akan mendapatkan harga spesial, serta tidak repot untuk mengantar kiriman.

Proses pendaftaran menjadi agen pun tidak butuh waktu yang lama sejak Anda telah konfirmasi email.

Anda hanya perlu login memakai data yang telah diberikan. Apabila terdapat pertanyaan, maka Anda bisa langsung menghubungi call center-nya.

Atau bisa juga datang ke kantor pusat di Jalan Ir. H. Juanda 3 no 17-19 RT 008/RW 002, Kel. Kebon Jeruk, Kec. Gambir, Jakarta Pusat.

Demikian pembahasan terkait franchise ekspedisi atau waralaba penyedia jasa logistik. Mulai dari JNE, J&T, serta Sicepat.

Anda hanya perlu memilih ekspedisi yang banyak pelanggannya di daerah sekitar. Pastikan juga Anda telah mempersiapkan semua macam persyaratan untuk bergabung menjadi agen.

Karena menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat prospektif, segera lah mendaftar dan dapatkan berbagai keuntungannya.

Demikian bagaimana cara menjalankan atau membuka bisnis franchise JNE JNT dan Sicepat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Share on: