Home » Franchise » Franchise KFC Indonesia, Syarat, Cara Daftar, Harga dan Kelebihannya

Franchise KFC Indonesia, Syarat, Cara Daftar, Harga dan Kelebihannya

FRANCHISE KFC INDONESIA – Dari hari ke hari bisnis ayam goreng tepung atau fried chicken semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Ada banyak brand franchise lokal yang mengusung resep ayam goreng tepung yang berbeda sehingga menimbulkan semakin bervariasi pula produk yang beredar di pasaran.

Akan tetapo diakui atau tidak perkembangan bisnis tersebut tidak luput dari peran franchise KFC Indonesia.

Beberapa waralaba lokal tersebut memang bisa dipastikan akan memberikan harga yang lebih murah bila dibanding KFC Indonesia.

Akan tetapi KFC Indonesia senantiasa menjadi pilihan terbaik untuk banyak orang serta masih menjadi yang paling besar hingga saat ini.

Dengan peluang yang masih begitu baik maka para pebisnis akan selalu memiliki hasrat untuk membuka gerai Franchise KFC Indonesia.

Langsung berikut penjelasan dan tata cara selengkapnya mengenai kemitraan KFC.

Tentang KFC Indonesia

KFC merupakan singkatan dari Kentucky Fried Chicken, sebuah restoran franchise yang berasal dari Loulsville, Kentucky, Amerika Serikat.

Usaha ini pertama kali didirikan oleh Kolonel Harald Sanders di masa great depression. Gerai pertamanya di bangun di kota Utah, Amerika Serikat.

Tercatat sampai dengan akhir tahun 2020 brand yang satu ini sudah memiliki 23 ribu lebih outlet yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Outlet KFC sudah menjangkau 140 negara termasuk salah satunya tentu Indonesia.

Untuk Indonesia sendiri, franchise ini masuk dengan bantuan dari Yumi Brands, sebuah perusahaan multinasional yang membawahi pula pizza hut.

Sedangkan untuk hak waralaba tunggalnya masih dipegang PT Fastfood Indonesia. Perusahaan ini pertama kali membuka outlet Franchise KFC Indonesia di Jakarta pada tahun 1979.

Pada tahun 1990 sebuah perusahaan kolektif yang dimiliki para konglomerat yang bernama Salim Group berhasil membeli saham utama dari PT Fastfood Indonesia.

Akhirnya KFC Indonesia pin memperoleh dana tambahan yang siap digunakan untuk ekspansi super besar.

Berdasarkan data terakhir yang bisa dihimpun di akhir desember 2013, sudah ada 466 gerai KFC Indonesia yang resmi telah dibuka.

Menu yang Ada di KFC

Berbicara masalah menu yang ada di KFC Indonesia maka sudah pasti yang jadi andalan adalah menu ayam goreng.

Perbedaan yang mungkin terjadi antara KFC Indonesia dengan yang ada di luar negeri terletak pada pilihan ayamnya saja, ada yang ayam original ataupun crispy.

Ayam original adalah flagship yang dapat Anda temukan di semua negara, namun bagi orang Indonesia pilihan ayam crispy lebih digemari.

Untuk momen-momen khusus seperti lebaran, even nasional, natal, atau seperti Sea Games, pihak KFC Indonesia sering mengeluarkan varian menu yang terbatas.

Beberapa menu tersebut tidak cuma ayam goreng namun bisa pula seperti roti isi, spaghetti, burger, dan rice box.

Syarat Franchise

Dikutip dari website resminya, KFC Indonesia sudah tidak membuka lagi menjadi franchise, jika Anda ingin menjadi bagian dari Franchise KFC Indonesia maka caranya dengan sewa tempat secara penuh dan cara kedua adalah dengan sharing profit.

Atau lebih mudah diterjemahakan, Anda memiliki lokasi namun tidak memiliki lisensi dari KFC.

Dengan demikian yang jadi syarat wajib adalah tempat usah yang sesuai dengan kriteria dari manajemen KFC Indonesia.

Kriteria tersebut mulai dari model bangunan apakah berupa ruko, rumah, atau kavling. Apabila kavling maka ukurannya harus minimal 1000 m2, jika sebuah rumah maka luasnya 300 m2 dengan tampak depan paling tidak harus 15 meter.

Sedangkan lokasi juha harus ada di pinggir jalan raya serta diprioritaskan yang ada di hook.

Selanjutnya lokasi Anda juga mesti telah memperoleh izin dari Pemda serta merupakan kawasan komersial.

Biaya/ Harga Franchise KFC Indonesia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa KFC Indonesia sudah tidak membuka kembali pintu franchise.

Jadi biaya ataupun harga franchisenya juga tidak diketahui atau tidak ada. Yang ada hanya sistem sewa tempat atau sharing profit.

Cara Daftar Franchise KFC Indonesia

Tidak ada cara daftar menjadi franchise KFC yang ada adalah pendaftaran menjadi mitra dengan sistem sewa tempat full atau sharing profit.

Jika Anda tertarik dengan sistem ini maka bisa langsung mengirim surat dan berkas-berkas yang diperlukan kepada Bapak Rulianto P. Akbar/ Bapak Tezar Fikry (Market Development Departement PT Fastfood Indonesia Tbk.

Dengan alamat di Jalan MT. Haryono Kav. 7 Gedung Galael Lt.2 Jakarta Selatan 12810, Telepon +62 (021) 8301133 ext 222 dan fax di +62  (021) 8354500.

Bisa juga dengan alamat emailnya di [email protected] atau [email protected]

Kelebihan Franchise

Sekali ditegaskan bahwa KFC Indonesia sudah tidak membuka franchise sehingga tidak ada yang perlu dibahas untuk masalah kelebihan yang dimiliki dari franchise KFC Indonesia.

Kekurangan Franchise

Dengan adanya informasi resmi bahwa tidak ada lagi sistem franchise di KFC Indonesia  ini maka belum tepat menyebutkan adanya kekurangan yang dimiliki.

Demikian tadi seluruh pembahasan mengenai Franchise KFC. Akhirnya semoga tulisan ini bisa menambah referensi bisnis Anda.

Tinggalkan komentar