Home » Keuangan » 11 KTA Online Proses Cepat dari Fintech dan Bank

11 KTA Online Proses Cepat dari Fintech dan Bank

KTA Online Proses Cepat | Taukan.com – Ditengah-tengah wabah Virus Corona saat ini, banyak yang berusaha untuk berwiraswasta, selain mencari uang tambahan, cukup banyak yang membanting setir sesudah kehilangan pekerjaan.

Sayangnya, rata-rata dari mereka tidak berhasil memulai karena terhalang permasalahan dana untuk modal.

Harus diakui, kehadiran penyedia pinjaman online atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) sangat menolong orang-orang yang terimbas karena wabah ini.

Selain proses yang gampang, pencairan terbilang cepat dan limit pinjaman yang cukup tinggi.

Untuk itu kami akan mengulas 11 fintech dan bank berikut yang menyediakan KTA online proses cepat :

  1. Uang Teman
  2. Akulaku
  3. Investree
  4. Modalku
  5. Flexi Cash Jenius
  6. Shopee Pinjam (SPinjam)
  7. Dana Instan Tokopedia
  8. DBS KTA
  9. KTA Commbank
  10. KTA Permata Online
  11. KTA Standard Chartered

Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) ?

Untuk Anda yang belum pernah mendengar mengenai Kredit Tanpa Agunan (KTA), dapat baca penjelasannya di bawah ini.

Pada umumnya Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu produk pinjaman yang memberi layanan kredit tanpa memberikan beban ke calon nasabah untuk menyiapkan suatu aset tertentu untuk jadi jaminan atas pinjaman tsb.

Ringkasnya, calon nasabah tak perlu mempersiapkan atau memberikan jaminan untuk menjamin pinjaman tersebut.

Karena pemberi kredit atau pinjaman mengambil keputusan berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi.

Umumnya Bank memberikan kredit berdasarkan riwayat kredit yang pernah dilakukan nasabah, seperti kartu kredit, kredit mobil, kredit motor atau KPR.

Perlu diketahui jika tidak semua pengajuan pinjaman atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) akan disetujui, pemberi pinjaman umumnya akan meninjau pemakaian kredit tersebut.

Fintech dan Bank Mana Saja yang Menyediakan KTA Online Proses Cepat ?

Uang Teman - kta online proses cepat

Uang Teman – Pinjaman Online Cepat Cair

UangTeman.com ialah perintis pinjaman online tanpa agunan yang telah beroperasi 5 tahun. Pinjaman yang ditawarkan pada jumlah kecil untuk keperluan jangka pendek.

Maksimal plafon Rp 2 juta (untuk pinjaman pertama) untuk masa kredit maksimal 30 hari. Pinjaman ini tidak mengenal angsuran, saat jatuh tempo pokok dan bunga harus dilunasi.

Dikenakan biaya layanan sejumlah 1% per hari dengan proses yang cepat dan gampang. Dijanjikan waktu pencairan ialah 1 sampai 2 hari (sejak pengajuan) untuk pinjaman pertama dan 3 jam untuk pinjaman selanjutnya.

Syaratnya ialah WNI; domisili Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah; umur 21 tahun keatas; minimal pendapatan 2.3 juta /bulan.

Akulaku - kta online proses cepat

Akulaku – KTA Online Proses Cepat

KTA online proses cepat dari program Akulaku tidak kalah terkenal daripada UangTeman. Akulaku cuma memerlukan waktu satu hari kerja untuk transfer dana pinjaman ke rekening Anda.

Jumlah pinjaman yang Akulaku tawarkan cukup banyak, dimulai dari Rp600.000 – Rp2.000.000. Sementara tenor pinjamannya terdiri dari dua kategori yaitu 15 hari dan 22 hari.

Kegiatan KTA online Akulaku ada di bawah pengawasan OJK dan didukung langsung oleh Asetku. Maka dari itu Anda tak perlu cemas bila Akulaku ialah fintech palsu atau penipu. Dari sisi keamanan sistemnya juga baik sekali.

Investree - kta online proses cepat

Investree

Investree tawarkan pinjaman tanpa agunan secara online. Pinjaman diberi untuk pebisnis dan karyawan.

Buat pebisnis, pinjaman untuk usaha berupa invoice financing, yakni pendanaan atas tagihan yang dimiliki perusahaan.

Plafon sampai dengan Rp 1 Miliar dengan bunga dimulai dari 14% dan pendanaan penuh dalam kurun waktu 72 jam.

Syarat umum Investree buat pinjaman untuk pebisnis ialah:

  • Perseroan Terbatas (PT);
  • Domisili di daerah Jabodetabek;
  • Sudah bekerja minimum dua tahun;
  • dan mempunyai hubungan usaha dengan lembaga besar (seperti: perusahaan publik, multinasional, BUMN, dan instansi pemerintah).

Buat karyawan, pinjaman pribadi tanpa agunan untuk keperluan harian dengan plafond sampai Rp 50 juta.

Syarat pinjaman pribadi ialah tercatat sebagai pegawai di perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Investree; domisili di daerah Jabodetabek; sudah bekerja minimal dua tahun dan minimal penghasilan Rp 3.1 juta.

Ingin pinjam, Anda dapat mencobanya dengan Investasi P2P.

Modalku - kta online proses cepat

Modalku

Modalku tawarkan pinjaman online tanpa agunan buat usaha kecil menengah (UMKM). Salah satunya yang menarik ialah produk pinjaman untuk merchant online di Tokopedia, sampai dengan Rp 50 juta.

Bunganya sebesar 14-20% per tahun, yang menurut situs Modalku, ialah “rate bunga simpel”. Tidak jelas ini maksudnya apa, tetapi pendapat kami itu bunga flat, sehingga bunga efektifnya sekitaran 28% sd 40% setahun.

Total waktu yang diperlukan dari pengajuan sampai pencairan sekitaran 10 hari. Itu terbagi dalam 4 hari proses analisis dan 6 hari proses pengumpulan dana untuk membiayai pinjaman tsb.

Persyaratan KTA online proses cepat Modalku yaitu :

  • Warga Negara Indonesia;
  • Domisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi;
  • Umur 21 s/d 60 tahun;
  • Berupa PT, CV atau perorangan;
  • Mempunyai omset usaha minimal Rp. 20 juta / bulan dan operasional usaha sudah berjalan minimal satu tahun.

Flexi Cash Jenius - kta online proses cepat

Flexi Cash Jenius

Mengajukan KTA saat ini menjadi bagian dari lifestyle warga Indonesia. Prosesnya bukan hanya gampang dan cepat, Anda pun tak perlu menyertakan sertifikat rumah atau pemilikan kendaraan bermotor sebagai jaminan.

Dari beberapa KTA online proses cepat, apakah sudah Anda mendengar dan mengetahui Flexi Cash Jenius?

Merupakan produk pinjaman online BTPN yang menawarkan plafon hingga Rp 50 juta dengan tenor pinjaman sampai 36 bulan.

Info pengajuan KTA Flexi Cash Jenius yang perlu Anda isi pada formulir registrasi mencakup data pribadi, alamat rumah, data pekerjaan hingga kontak keluarga.

Sedangkan syarat pokok pengajuannya lebih simpel. Anda cukup menyiapkan KTP saja.

Lalu, berapa lama waktu yang Jenius perlukan untuk menolak atau menyetujui pinjaman online Anda?

Walau jumlah calon debitur yang masuk tiap harinya selalu banyak, Persetujuan Flexi Cash Jenius cuma memerlukan waktu 24 jam.

Jenius menawarkan pinjaman uang 50 juta dengan suku bunga 1,75% sampai 2,25%. Jenius menawarkan pinjaman KTA tanpa kartu kredit yang aman, gampang dan cepat.

Anda bisa meminjam uang 50 juta tanpa kartu kredit dengan tenor 1 – 36 bulan.

Pengajuan pinjaman KTA 50 juta tanpa kartu kredit dilakukan di aplikasi Jenius. Proses pengajuannya juga gampang, anda hanya perlu menginstall aplikasi Jenius dan pilih “Saya ingin ajukan flexi cash”.

Dengan begitu, pengajuan pinjaman nantinya akan segera diproses oleh pihak Jenius.

Shopee Pinjam (SPinjam) - kta online proses cepat - Taukan.com

Shopee Pinjam (SPinjam)

Untuk pecinta belanja, nama Shopee tentu sangat akrab untuk Anda, Menariknya layanan yang ditawarkan online marketplace tsb. begitu banyak dan selalu modern termasuk fitur SPinjam ini.

Lewat SPinjam, pengguna setia Shopee bisa meminjam KTA dengan mudah dan cepat. Cara mengaktifkan fitur SPinjam juga gampang, mereka cuma meminta data KTP dan data slip gaji.

Sementara untuk proses pencairan KTA SPinjam pun tidak kalah cepat dari jasa pinjaman online yang lain, Setelah mengajukan pinjaman dengan besaran plafon dan tenor yang Anda tentukan, Shopee hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk mengirim dananya.

Dana Instan Tokopedia

Dana Instan Tokopedia

KTA online proses cepat dari marketplace terkenal tidak cuma SPinjam saja, Anda bisa juga mengajukan Dana Instan Tokopedia, Plafon dan tenor pinjaman Dana Instan Tokopedia hampir serupa dengan Akulaku karena ke-2 nya menawarkan KTA online jangka pendek.

Anda cuma dapat meminjam dana sampai Rp1.200.000 dengan maksimal tenor pinjaman selama 21 hari.

Tidak ingin kalah saing dari Shopee, Dana Instan Tokopedia hanya memerlukan waktu singkat untuk menolak atau menyetujui pengajuan Anda.

DBS KTA

DBS – KTA Online Proses Cepat

DBS menawarkan pinjaman tanpa agunan lewat dua kanal, yakni KTA Sahabat dan Digibank KTA Instant. KTA Instant jadi produk unggulan DBS.

Apa yang dimaksud Digibank KTA Instant ?

KTA instant diajukan melalui aplikasi Digibank DBS yang dapat Anda Install di Playstore.

Persetujuan awal KTA instant dalam 60 detik. Kemudian, buat janji temu dengan agen digibank untuk melakukan verifikasi biometrik untuk pembukaan rekening.

Pencairan langsung ke rekening. Dalam sekejap, rekening telah terisi dengan dana pinjaman sampai Rp 30 juta.

Syarat Digibank KTA Instant ialah:

  • Hanya memakai e-KTP, tanpa dokumen yang lain. Warga Negara Indonesia (WNI) sudah berumur minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan.
  • Domisili/bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya.
  • Mempunyai pendapatan kotor minimum Rp 3.000.000 /bulan. Berprofesi sebagai pegawai (minimum 1 tahun), profesional (minimal dua tahun) atau wiraswasta (minimal dua tahun).

Salah satu keunggulan KTA online dari bank ialah suku bunga yang lebih murah dibanding KTA Fintech.

Bunga KTA DBS

KTA Commbank

KTA Commbank

Commbank mempunyai pinjaman tanpa agunan, yakni KTA Tyme Digital.

Apa itu KTA Tyme Digital ?

KTA Tyme Digital ialah produk layanan pinjaman tanpa agunan dari Commonwealth Bank yang diberikan kepada perseorangan untuk kebutuhan pribadi seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, pernikahan, perbaikan rumah, berlibur, dan keperluan lainnya.

Keunggulan pinjaman tanpa agunan Commbank ini ialah proses pengajuan cukup dilakukan secara online dengan mengisi e-form yang ada di situs Commbank, dengan dokumen cukup e-KTP.

Anda bisa melakukan pengajuan KTA Tyme Digital bila bertempat tinggal di area kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Badung, Denpasar, Medan dan Palembang.

Bila pengajuan online disetujui, Anda diharap untuk segera mendatangi CommBank e-Kiosk dengan membawa dokumen e-KTP untuk melakukan verifikasi pinjaman tahap akhir.

Bila proses verifikasi pinjaman itu berhasil, maka dilanjutkan dengan proses pembukaan rekening Bank Commonwealth (untuk nasabah baru) di CommBank e-Kiosk.

Commbank juga menawarkan bunga yang cukup menarik.

Bunga Ansuran Commbank

KTA Permata

KTA Permata Online

Bank Permata juga menawarkan pinjaman tanpa agunan, yakni Permata KTA.

Apakah itu Permata KTA Online ?

Permata KTA ialah pinjaman tanpa agunan yang diserahkan kepada nasabah pribadi untuk berbagai kebutuhan yang bersifat konsumtif, dengan pilihan jangka waktu pinjaman sampai 60 bulan.

Ada 3 tipe Permata KTA, yakni:

  1. KTA Online dengan pengajuan melalui program Permata Mobile X dengan bunga rendah dimulai dari 0.88%;
  2. KTA Payroll untuk nasabah yang rekening upah lewat PermataBank;
  3. KTA Non Payroll untuk nasabah umum.

Syarat KTA online proses cepat dari Permata adalah :

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Bertempat tinggal di JABODETABEK, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali;
  • Minimal pendapatan Rp 3.500.000;
  • dan berumur minimum 21 tahun dan maksimal 55 tahun.

Bunga KTA Permata Online 1.99% sd 0.88%.

Bunga KTA Permata

Ada beberapa keunggulan KTA Permata online yang menarik:

  • Dapat diajukan tanpa kartu kredit. Ini sebuah keunggulan karena sejauh ini beberapa bank mengharuskan kartu kredit sebagai persyaratan khusus saat pengajuan KTA.
  • Plafon yang ditawarkan sangat beragam, dimulai dari Rp 3 juta s/d Rp 200 juta.
  • Tenor yang diberikan banyak pilihan dari 6 bulan sampai 36 bulan.

KTA Standard Chartered

KTA Standard Chartered

Kredit Tanpa Agunan dari Standard Chartered ialah pinjaman tanpa agunan yang ditransfer ke rekening nasabah dan besar angsuran setiap bulannya masih tetap sama sesuai jangka

waktu pinjaman. Jumlah pinjaman yang bisa disetujui sampai Rp300 juta dengan masa angsuran 12 bulan (1 tahun) – 60 bulan (5 tahun) dengan bunga tahunan minimal dari 0,69% per flat/bulan atau setara dengan 14,95% efektif/tahun.

Syarat KTA SCB:

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Berusia 21 – 60 tahun;
  • Penghasilan bersih minimum Rp13,5 juta/bulan;
  • Mempunyai Kartu Kredit Utama (bukan Kartu Tambahan / Suplemen) dengan limit minimum 20 juta dan keanggotaan lebih dari 1 tahun;
  • Tinggal dan bekerja di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya;
  • Nomor telepon yang tercantum pada aplikasi dalam keadaan aktif.

Yang menarik dari KTA SCB ialah pengajuan dapat sepenuhnya dilakukan secara online melalui situs SCB. Berikut ialah penampilan web SCB untuk mengajukan aplikasi KTA SCB secara online:

Sementara, bunga KTA SCB cukup menarik. Bunga ditentukan oleh jumlah plafon pinjaman yang diambil dan pekerjaan pegawai vs wiraswasta.

SCB KTA

Pinjaman KTA Online

Di 2018, 2019, sampai 2021 pinjaman KTA online mengalami kemajuan yang luar biasa bahkan dapat disebut booming.

Data terbaru dari jumlah P2P Lending yang terdaftar resmi di OJK sampai 6 April 2021 ini mencapai 146 perusahaan. Lihat data resmi dari OJK pemerintah disini.

Produk yang diluncurkan oleh P2P pinjaman online KTA, bukan hanya pinjaman KTA online tanpa kartu kredit, tapi juga pinjaman KTA online langsung cair dalam 24 jam.

Keringanan persyaratan, misalkan:

  • Jaminan KTP dan tanpa kartu kredit,
  • Tanpa BI checking dan tanpa slip gaji,
  • Kecepatan langsung cair atau cepat cair,

Jadi fitur yang diandalkan dan dijual oleh perusahaan P2P online ini.

Tetapi, kedatangan pinjaman KTA online yang masif di 2018 dan 2019 memunculkan ekses negatif, yakni timbulnya banyak Fintech Ilegal. Berdasar data OJK, Satuan tugas Investasi telah menutup 803 fintech ilegal sejauh ini.

Jumlah fintech ilegal, perusahaan yang tidak terdaftar di OJK, banyak. Bahkan juga berkali lipat dari perusahaan P2P legal yang terdaftar resmi di OJK.

Kondisi fintech ilegal tentu saja, tidak hanya memprihatinkan, tapi juga merisaukan.

Masyarakat perlu sadar jika pengajuan pinjaman KTA online harus dilakukan ke perusahaan resmi OJK karena pengajuan ke Fintech ilegal mempunyai banyak resiko buat peminjam, salah satunya berikut ini:

  • Bunga dan Denda. Penyelenggara peer to peer lending ilegal KTA online mengenakan biaya dan denda yang besar sekali dan tidak terbuka. Sedang Fintech pinjaman KTA online yang tercatat/berizin OJK diharuskan memberikan transparansi info tentang bunga, dan denda maksimum yang dikenakan ke Pengguna. AFPI mengatur bunga maksimal 0,8% per hari dan total seluruh biaya termasuk denda ialah 100% dari nilai pokok Pinjaman.
  • Cara Penagihan. Fintech ilegal melakukan penagihan dengan cara-cara yang kasar, condong memberikan ancaman, tidak manusiawi, dan berlawanan dengan hukum. Sedangkan tenaga penagih pada Fintech pinjaman online KTA yang tercatat/berizin dari OJK harus mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang sudah dilakukan oleh AFPI.
  • Status. Fintech ilegal tentunya berstatus ilegal, dan menjadi sasaran dari Satuan tugas Siaga Investasi (SWI) bersama Kominfo, Google Indonesia, dan Direktorat Cybercrime Polri. Sedangkan Fintech pinjaman KTA online yang tercatat/berizin OJK berstatus legal sesuai POJK 77/POJK.01/2016

Kesimpulan KTA Online Proses Cepat

Banyaknya perusahaan fintech dan bank yang saat ini menyediakan KTA yang bisa diajukan secara online dan proses pencairan cepat sangat membantu kita jika sedang membutuhkan dana cepat. Baik itu untuk kebutuhan modal usaha atau keperluan konsumsi pribadi.

Namun Anda harus sangat berhati-hati jika menemukan penyedia jasa pinjam online yang belum Anda ketahui kredibilitasnya.

Anda harus cek berkali kali baik itu menanyakan ke rekan Anda, mencari informasi di internet serta mengeceknya di daftar resmi perusahaan fintech yang terdaftar di OJK.

Demikian ulasan tentang KTA online proses cepat ini kami buat, semoga bisa bermanfaat dan menjadi solusi untuk kebutuhan Anda.

Share on:

Tinggalkan komentar