Home » Pengetahuan Umum » 15 Manfaat Marmer dalam Kehidupan Kita

15 Manfaat Marmer dalam Kehidupan Kita

MANFAAT MARMER – Marmer adalah tipe batu-batuan yang menyusun lapisan bumi dan dapat di fungsikan di kehidupan setiap hari.

Batuan marmer ini banyak dihasilkan berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Kabupaten Tulungagung, Propinsi Jawa Timur.

Marmer banyak ditemukan sebagai penghias rumah seperti lantai, dinding, serta perabot rumah seperti bangku dan meja.

Marmer merupakan tipe bebatuan metamorf atau malihan. Batu marmer tercipta proses dari metamorfosis batu gamping atau batu kapur.

Karena itu marmer sering dijadikan sebagai penghias karena tampilannya yang indah dan menarik.

Di sisi lain, batuan marmer mempunyai corak dan pola tertentu, dan tersusun dari beraneka kombinasi warna.

Sebagai bahan penghias dan dekor, marmer mempunyai sifat tahan lama dan gampang dipahat dan dibentuk.

Industri batu alam marmer sekarang ini sudah berkembang sangat cepat.

Manfaat dari batu ini benar-benar beraneka ragam, mulai dari bahan pembuatan perabot rumah tangga, konstruksi bangunan, bahan baku pengerjaan patung, beragam jenis piala, hingga prasasti.

Pengelompokan Batu Marmer

  • Dolomit, yakni bila kandungan karbonat magnesium di dalamnya lebih dari 40%.
  • Magnesium, yakni bila kandungan magnesium dalam batu itu capai 5 sampai 40 %
  • Kalsit, yakni bila kandungan karbonat magnesium dalam batu itu kurang dari 5 %.

Macam-Macam Batu Marmer

  • Carrara Marble, yakni batu marmer yang berwana putih murni yang umum dipakai oleh beberapa orang Yunani dan Romawi untuk membuat patung-patung dan air mancur.
  • Faux marbling, yakni merujuk pada lukisan permukaan yang bertujuan supaya terlihat seperti marmer. Ini biasanya dipakai di gedung-gedung.
  • Kertas marbling, adalah tehnik yang lain dipakai untuk menyerupai marmer yang asli. Pola warna yang beda dipakai bersama untuk memberi penampilan dan nuansa dari marmer.
  • Limestone, umumnya memiliki warna beige atau cokelat, jenis marmer ini umumnya tercipta di dasar danau.
  • Breksi, yakni tipe marmer yang biasa disebut Breksi Oniciata atau Breche Nouvelle yang muncul karena ada tanah longsor.
  • Marmer hijau, Ini sebetulnya bukan marmer asli, tapi serpentinites.
  • Marmer hasil budidaya, yakni hasil gabungan di antara debu marmer dengan semen.

Manfaat Marmer dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengetahui pengelompokkan batu dan jenis-jenisnya, mari kita masuk ke topik utamanya. Berikut 15 Manfaat Marmer di kehidupan sehari hari :

  1. Perhiasan Rumah
  2. Bahan Kontruksi Bangunan
  3. Bahan Arsitektur
  4. Bahan Estetika
  5. Bahan Furniture
  6. Bahan batu Nisan
  7. Bahan Pembersih
  8. Pupuk
  9. Bahan Pewarna
  10. Penetral Asam
  11. Sumber kalsium tambahan hewan ternak
  12. Alat terapi penyempuh penyakit
  13. Bahan pembuatan Piala
  14. Bahan pembuatan Patung
  15. Bahan pembuatan Prasasti

Bahan Konstruksi Bangunan

Sebagai bebatuan alami, marmer mempunyai banyak keunggulan yang tidak dijumpai pada batuan alami yang lain.

Marmer mempunyai ketahanan yang paling kuat sehingga lebih awet dan sering dipakai sebagai konstruksi bangunan.

Selain itu, marmer mudah dibersihkan dan mempunyai penampilan yang menarik. Anda bisa juga menggunakan jasa poles marmer yang sudah banyak tersedia.

Oleh sebab itu, tidaklah aneh jika marmer dipakai untuk bahan rumah, seperti bagian lantai, dinding exterior, venerr, dekor rumah, bagian tangga, dan jalan setapak menuju rumah.

Alasan manfaat marmer untuk dekor interior dan exterior rumah ialah tampilannya yang mewah dan mudah dibersihkan.

Meskipun demikian, Anda harus tetap memperhitungkan faktor kerusakan yang mungkin ada.

Bahan Furniture

manfaat marmer yang kedua yakni sebagai bahan furniture. Bebatuan ini bisa dipakai pada meja, jendela, bangku, perapian, guci, patung dan furniture rumah lainnya.

Banyaknya marmer dipilih sebagai furniture rumah karena mempunyai sifat yang lunak sehingga gampang dibentuk sesuai keinginan.

Selain itu, marmer juga bisa menyerap cat serta tembus cahaya sehingga tampilannya semakin mewah.

Sebagai Bahan Dasar Pembersih

Batu marmer terbagi dalam kalsit, yakni mineral dengan kekerasan Mohs tiga. Oleh karenanya batu alam ini kerap dipakai untuk bahan dasar pengerjaan cairan pencuci untuk kamar mandi atau dapur.

Kelembutannya membuat marmer menjadi alat pencuci yang tidak menimbulkan goresan.

Perubahan cuaca dan suhu mungkin bisa membuat kerusakan pada batu marmer, contohnya seperti :

  • Air hujan, khususnya dalam gabungan dengan gas atmosfer, bisa menyebabkan pembubaran batu marmer, dan membuat kandungan garam dalam batu itu jadi lebih tinggi.
  • Tingkat kerusakan bisa dipengaruhi oleh temperatur saat proses pemotongan pola. Temperatur yang tinggi bisa meningkatkan tingkat transisi kimia dalam batu, sedangkan temperatur yang rendah bisa menyebabkan resiko pada pembekuan batu. Perubahan temperatur yang cepat bisa menghasilkan tekanan dalam material marmer dikarenakan diferensial ekspan.

Batu Nisan

Karakter marmer yang gampang dibentuk, mempunyai tampilan yang mewah dan eksklusif, serta gampang diukir, membuat batu alam ini sebagai batu yang jadi alternative batu nisan.

Di sejumlah pemakaman, Anda pasti kerap melihat makam yang memakai marmer. Coraknya yang menarik membuat pemakaman tidak menakutkan dan malah nampak terlihat indah.

Pupuk Tanaman

Manfaat marmer yang tidak terduga ialah sebagai pupuk tanaman. Tekniknya, marmer dipanaskan dan diambil zat kapurnya.

Saat dipanaskan, karbon dioksida pada marmer akan hilang dan cuma tersisa zat kapur atau kalsium dioksida. Zat kapur ini dapat dipakai sebagai bahan pupuk di area pertanian.

Tingkat keasaman tanah dapat dikurangi dengan zat kapur yang terkandung dalam marmer. Hasilnya, tanah lebih siap untuk ditanam tanaman karena pH-nya yang telah dinetralkan.

Lebih lanjut lagi, tanaman yang ditanamkan pada tanah dengan pH yang netral, karena ada kandungan zat kapur didalamnya, membuat usia hidup tanaman lebih panjang.

Sumber Kalsium Tambahan

Batu marmer bisa berguna untuk sumber kalsium tambahan pada hewan ternak.

Hewan-hewan itu memerlukan banyak kalsium untuk produksi susu atau telur. Umumnya kalsium yang diperlukan dicampurkan ke makanan.

Batu marmer dengan teksturnya yang halus menjadi campuran pada makanan hewan ternak dan berfungsi untuk menambah kalsium.

Bahan Pewarna

Manfaat marmer dipakai dalam industri cat dan kertas. Marmer putih dicairkan dan dipakai sebagai serbuk pembuat pigmen berwarna putih.

Serbuk tersebut disebut kapur sirih. Serbuk sirih ini bisa menjadi brightener dan pigmen dalam kertas, cat, dan produk yang lain.

Penetral Asam

Kandungan kalsium karbonat pada batu marmer bisa menetralisir asam. Disamping itu, batuan marmer yang mencapai kemurnian tinggi dan menjadi bubuk dipakai sebagai penetral asam.

Biasanya manfaat batu marmer ini dipakai pada pengurangan asam tanah, asam pada kimia industri, asam sungai, bahkan juga asam dalam tubuh manusia.

Sebagai Alat Terapi untuk Pengobatan

Di sektor kesehatan, manfaat marmer pun tidak kalah banyak. Batu marmer bisa dipotong dan dipoles jadi bermacam-macam ukuran yang bisa dipakai untuk bekerja di area tubuh tertentu.

Batu ini bisa dipakai sendiri atau dalam campuran dengan batu panas.

Batu marmer bisa bertindak selaku dekongestan yang kuat untuk membantu meredakan bengkak dan memperlancar saluran darah pada tubuh.

Jika dipakai dengan gabungan batuan panas, bisa mengurangi vasodilatasi dan penyempitan organ badan yang bisa membantu menyebarkan gizi pada tubuh, hingga bisa mengobati beberapa penyakit yang menyerang kumpulan sel tubuh misalnya :

  • Mengurangi infeksi dan cedera kronis
  • Meredakan rasa sakit dan penyumbatan bagian sinus
  • Mengurangi lingkaran lebam dan gelap mata serta meningkatkan warna kulit di wajah

Demikinalah artikel ulasan dari Taukan.com terkait dengan manfaat marmer yang dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan memberi wawasan terutama bagi Anda yang ingin mengetahui tentang marmer.

Share on:

Tinggalkan komentar