Home » Saham » Trader Wajib Tahu Scalping Saham ! Ini Arti dan Caranya

Trader Wajib Tahu Scalping Saham ! Ini Arti dan Caranya

Scalping Saham – TAUKAN | Dalam dunia investasi saham pasti Anda sudah sering terdengar kata scalping.

Memangnya apa maksud dari scalping?

Mari membahasnya lebih jauh mengenai scalping saham supaya Anda lebih lihai dalam memainkan saham.

Apa Itu Scalping Saham?

Scalping merupakan salah satu strategi untuk menjual saham. Caranya adalah dengan membeli saham terlebih dahulu kemudian menjual saham. Saham yang dibeli akan dijual kembali dalam waktu yang sangat pendek.

Di dalam waktu penjualan tersebut dapat dihitung hanya dalam beberapa menit atau jam dengan satuan hari yang sama.

Pelaku yang melakukan scalping biasa disebut dengan scalper. Scalping merupakan strategi yang banyak dipilih oleh trader yang ingin secara cepat memperoleh keuntungan.

Strategi ini dianggap hampir mirip dengan day trading.

Namun yang membedakan scalping saham dengan day trading adalah scalping cenderung menggunakan modal yang lebih besar.

Day trading biasa dilakukan oleh trader setiap harinya. Sedangkan scalping hanya dilakukan dalam waktu yang sangat singkat dan tidak dilakukan rutin setiap hari.

Dalam melakukan scalping saham, scalper memanfaatkan pergerakan kecil dari suatu komoditas tertentu untuk mendapatkan penghasilan.

Karena pergerakan ini dianggap tidak dipengaruhi oleh analisis yang fundamental maupun oleh berita.

BACA JUGA : 13 Perusahaan Sekuritas Terbaik 2021 di Indonesia Terdaftar OJK untuk Pemula

Cara Scalping Saham dengan Benar

Karena scalping saham merupakan salah satu metode trading yang dilakukan dengan menggunakan cara yang singkat.

Tentu dalam melakukannya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika tidak memahami secara benar, maka Anda akan mendapatkan kerugian besar-besaran.

Sangat dibutuhkan ketelitian untuk bisa memperoleh keuntungan pada metode ini.

Di dalam teknik ini, istilahnya yaitu Anda harus menghadapi perang dengan para bandar yang ada di pasar.

Bayangkan jika Anda merupakan anggota dari pasukan khusus yang harus masuk di angka tertentu serta harus keluar pula di angka tertentu.

Perlu untuk diingat bahwa misinya hanya membutuhkan untuk mengambil sekian persennya saja.

Akan lebih baik jika Anda hanya mengambil 5% dari akumulatif kenaikan, hal ini sudah tergolong cukup bagus apabila berhasil memperolehnya.

Misalnya jika pasar saham sudah menunjukkan kenaikan, dan transaksi terlihat kencang dengan menunjukkan angka 100 bid.

Maka Anda bisa lebih tebal dari offer dan masuk di angka 102.

Pada saat angka saham mulai naik, kemungkinan besar potensi yang dimiliki yaitu hingga 20% atau 120. Akan tetapi, perlu untuk diingat bahwa jangan mudah tergiur dengan potensi tersebut.

Karena metode ini merupakan cara mengambil sedikit dari akumulatif pada saat pasar saham sedang mengalami kenaikan.

Setelah menunjukkan kenaikan tersebut, misalnya dengan mencapai di angka 107. Maka Anda harus segera keluar dan menjualnya.

Pada saat menjual, jangan pula mudah untuk tergiur dari bujukan trader lain, hal ini dikarenakan saham ini tidak selalu mengalami kenaikan.

Apa Sih Arti Scalping Saham Harian?

Dalam melakukan investasi saham, banyak sekali orang yang memilih melakukan trading dalam jangka waktu yang pendek.

Dimana penjualan saham dilakukan secara harian. Dengan melakukan saham secara harian, scalper dapat memperoleh keuntungan yang besar dalam waktu yang sangat singkat.

Secara harfiah, pengertian scalping harian yaitu suatu perdagangan atau jual beli saham yang dilakukan pada hari yang sama.

Keuntungan yang diperoleh berasal dari selisih antara penjualan dan pembelian saham pada bursa. Scalping harian memang memiliki keuntungan yang cukup besar.

Namun dibalik keuntungan yang besar terdapat pula resiko yang tinggi pada scalper. Dalam memilih saham yang akan dijual, Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Contohnya adalah memperhatikan fluktuatif harga dan pergerakan yang aktif. Pergerakan harga pada saham harus mudah untuk dianalisa.

Pastikan Anda memilih saham yang harganya mudah naik dengan waktu yang cepat. Tentunya scalping kenaikan harga dihitung dalam jangka waktu harian.

Dan yang terakhir adalah memiliki presentase kenaikan yang cepat pada satu atau dua kali trading.

Indikator Scalping Saham yang Harus Anda Ketahui

Terdapat tiga jenis indikator dalam scalping.

Yang pertama adalah indikator moving average. Moving average ini merupakan indikator yang paling mudah dan paling banyak dimanfaatkan oleh scalper.

Cara kerjanya adalah dengan menentukan time frame untuk melakukan suatu trading.

Kemudian meletakkan beberapa garis kombinasi untuk melakukan moving average. Anda perlu melakukan pengujian terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya.

Salah satu kombinasi yang sangat direkomendasikan adalah SMA 5-8-13 pada chart sebesar 2 menit.

Indikator kedua adalah bollinger bands. Bollinger band merupakan indikator dengan time frame yang rendah. Anda dapat menggunakan periode 12 dan menggunakan deviasi 2.

Poin penting pada indikator ini adalah pada saat harga telah menyentuh lower band maka Anda harus mengambil posisi buy atau beli.

Sebaliknya, apabila harga telah menyentuh upper band maka Anda harus memasang posisi sell atau jual. Jangan sampai Anda memasang stop loss dan TP yang terlalu banyak pada saat posisi harga sedang upper band.

Indikator yang terakhir adalah stochastic. Stochastic memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dengan moving average dan Bollinger bands.

Stochastic umumnya digunakan oleh scalper untuk melengkapi indikator yang lainnya. penggunaan indikator ini tergantung pula pada sistem yang sedang digunakan.

Cara Mendeteksi Scalping Saham Gorengan

Metode trading dengan scalping saham gorengan merupakan cara yang sering diburu oleh investor untuk melakukan trading di pasar saham.

Alasan yang diusung para investor tidak lain karena ingin memperoleh keuntungan yang cepat. Terdapat beberapa cara untuk mendeteksi saham gorengan ini, diantaranya sebagai berikut.

Memantau Pergerakan Grafik

Memantau grafik ini merupakan cara mendeteksi saham gorengan yang paling mudah diantara yang lainnya. Anda bisa memantau dan mengontrol secara rutin setiap pergerakan grafik.

Apabila grafik tersebut menunjukkan patah-patah dan naik turunnya tidak stabil, maka dapat dipastikan hal inilah yang menjadi saham gorengan.

Pada grafik tersebut, setiap naik turun tidak menunjukkan garis yang teratur. Biasanya terlihat seperti ada gunung tinggi atau jarum-jarum.

BACA JUGA : 4 Cara Membaca Grafik Saham dengan Benar

Harga yang Ditawarkan

Cara yang kedua yaitu dengan mendeteksi melalui harganya. Apabila harga yang diberikan mempunyai nilai dibawah lima ratus, rata-rata nilai ini sangat mudah untuk di goreng.

Hal ini dikarenakan dalam membelinya tidak perlu untuk membutuhkan uang yang cukup banyak. Bahkan apalagi jika kapitulasi yang ditunjukkan sangat kecil.

Akan tetapi, lain jika harga yang kecil, namun jumlah lot yang diberikan sangat banyak. Hal ini juga tergolong menjadi saham gorengan, namun tidak mudah untuk bisa diangkat.

Oleh sebab itu, hal ini seringkali disebut dengan istilah gorengan berkolesterol rendah.

Lain lagi jika kapitalisasinya kecil serta harganya juga bernilai rendah. Namun ketika dibeli dengan sekian banyak lot maka akan langsung loncat tinggi.

Dengan demikian istilah ini yang disebut dengan saham gorengan berkolesterol tinggi. Untuk membeli saham, sangat disarankan untuk membelinya di rentang 500 keatas.

Naik Turun Saham Tanpa Sebab

Selanjutnya yaitu dengan mengetahui ketika gorengan tiba-tiba menjadi naik kemudian turun secara drastis. Perlu untuk diketahui bahwa naik turunnya saham mayoritas disebabkan oleh adanya sentimen.

Baik itu dari dalam maupun dari luar yang bisa saja membentuk sebuah laporan keuangan menjadi lebih baik.

Pada sistem saham gorengan ini, tidak memperdulikan akan hal naik dan turunnya saham. Hal ini dikarenakan yang mempunyai jumlah lot terbanyak yaitu disebut dengan bandar.

Namun, lain jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk memanfaatkan mekanisme dari bandar tersebut.

Analisa Fundamental

Pada dasarnya mendeteksi saham ini tidak bisa diukur dengan pasti menggunakan Analisa teknikal maupun fundamental.

Hal ini dikarenakan hasil yang diberikan selalu tidak sesuai dengan ekspektasi. Bisa saja saat ini naik selang beberapa detik kemudian turun secara drastis.

Hukum Scalping Saham Islam

Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana hukum melakukan trading atau scalping sebagai salah satu bisnis?

Melakukan trading pada saham berbeda dengan melakukan investasi saham.

Trading saham dilakukan untuk transaksi jual beli jangka pendek. Sedangkan investasi saham diorientasikan untuk jangka panjang dan dianalisa dahulu.

Dalam pasar modal, Dewan Syariah Nasional MUI telah memiliki hukum yang khusus. Transaksi jual beli saham boleh dilakukan oleh trader.

Hal ini dikarenakan oleh pemilik saham merupakan mitra dari perusahaan memiliki kepemilikan saham. Saham yang dimiliki besarnya sesuai dengan kesempatan yang telah diadakan.

Dalam menjual, membeli ataupun menjaminkan suatu saham hukumnya adalah diperbolehkan.

Yang terpenting adalah tetap memperhatikan aturan yang berlaku pada perusahaan. Sedangkan hukum untuk melakukan scalping saham atau trading secara cepat adalah haram atau tidak diperbolehkan.

Alasan tidak diperbolehkan adalah motivasi dari transaksi saham bukan untuk melakukan investasi melainkan untuk jual beli.

Artinya scalper melakukannya hanya untuk memperoleh keuntungan yang tinggi dalam waktu yang singkat. Transaksi menjual saham juga dilakukan karena harga saham yang sedang naik.

Pada dasarnya MUI membuat hukum yang berdasarkan pada Islam. Islam melarang transaksi yang mengandung spekulasi.

Spekulasi adalah untung-untungan atau mencari banyak keuntungan. Trading atau scalping saham juga dianggap sebagai judi sehingga hukumnya menjadi haram.

Aplikasi Scalping Saham

Pada dasarnya melakukan kegiatan investasi dengan scalping saham tidaklah sulit seperti apa yang telah dibayangkan kebanyakan orang.

Hal tersebut mempunyai arti bahwa untuk melakukan kegiatan tersebut tidak dibutuhkan orang yang sangat pintar untuk bisa mempelajarinya.

Pada hakikatnya, investasi saham bisa dilakukan dan dipelajari oleh semua orang.

Untuk mempermudah semua orang dalam menjalankan investasi ini, banyak berbagai ilmuwan yang telah sukses membuat berbagai macam aplikasi saham.

Hal tersebut tentunya bertujuan untuk membantu para investor pemula yang ingin terjun ke dalam bisnis saham.

Bahkan beberapa aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan banyak sekali fitur-fitur canggih yang dapat mempermudah para pemula dalam mempelajari kegiatan ini.

Kebanyakan aplikasi saham tersebut bisa diakses menggunakan berbagai jenis perangkat, mulai dari perangkat komputer atau bahkan perangkat ponsel.

Misalnya Platform Online Sekuritas, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan trading saham.

Selain itu, Anda juga dapat terus mengontrol dan memantau sejauh mana perkembangan investasi yang telah dilakukan.

Hanya dengan menggunakan satu aplikasi ini saja, Anda sudah bisa melakukan segala macam transaksi jual dan membeli saham.

Selain itu, terdapat aplikasi lain bernama IDX channel. Selain dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual dan membeli saham.

Aplikasi ini juga membantu Anda dalam mendapatkan berita terbaru. Pastinya berita tersebut berkaitan dengan hal-hal yang telah ramai di pasar saham.

Pada dasarnya, setiap berita sekecil apapun yang terjadi di luar, maka akan sangat berpengaruh terhadap indeks harga saham di pasaran.

Oleh karena itu, aplikasi ini biasanya dijadikan sebagai rujukan bagi para investor dan trader saham.

Teknik Scalping Akurat

Teknik scalping saham yang akurat dan simple adalah menggunakan TF M1 M5. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengatur setting arrow magic.

Terdapat dua tahap dalam melakukan setting arrow magic. Yang pertama ada menuju bagian input dengan mengganti ‘signal period’ menjadi 20 sedangkan yang lain tetap default.

Kedua adalah menuju bagian colours. Pada bagian ini, Anda perlu mengubah warna menjadi warna kuning.

Selanjutnya untuk rule OP, panah merah sebagai signal sell dan panah kuning untuk signal buy. OP sell dapat dilakukan apabila tanda panah pada monitor grafik telah muncul.

OP buy dilakukan apabila baru muncul tanda panah berwarna kuning. Sedangkan untuk sell dilakukan apabila tanda panah merah masih baru muncul.

Trik Setting Stochastic Untuk Scalping Saham yang Akurat

Setting stochastic dilakukan dengan indikator stochastic pada parameter %K sebesar 5 dan %D sebesar 3.

Kemudian slowing bernilai 3, fixed minimum bernilai nol dan fixed maximum bernilai 100. Selanjutnya adalah menggunakan moving average 10, 25, 50.

Terdapat beberapa trik yang harus Anda ingat untuk setting stochastic ini.

Yang pertama adalah menggunakan tiga garis moving average untuk mengidentifikasi arah tren.

Kedua, memperhatikan indikator stochastic dengan baik. Untuk memilih sell, Anda harus membuka posisi pada saat terjadi perpotongan pada area garis 80.

Sebaliknya, apabila memilih buy Anda harus membuka posisi pada saat terjadi perpotongan pada area garis 20.

Trik yang terakhir adalah momen Entry Point cukup akurat apabila terdapat persilangan garis yang sama pada time frame H1 dan H5.

Momen ini dapat terjadi tiga hingga lima kali dalam satu hari.

Anda harus tetap menempatkan titik stop loss minimal pada 20 poin apabila memilih time frame M15 hingga H1.

Langkah ini adalah antisipasi untuk mengurangi resiko kegagalan.

Apa itu Tektok Saham?

Tek-tok merupakan bahasa slang yang banyak digunakan pada saat bergabung pada forum untuk trading saham.

Kata tek-tok disebut sebagai kata yang tidak lazim untuk digunakan pada bahasa formal maupun pada beberapa situs resmi.

Misalnya adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia (BEI), dan sebagainya.

Tek-tok merupakan suatu gaya trading jangka pendek yang dapat dilakukan dengan waktu yang serba cepat. Durasi waktu dari membeli hingga menjual saham dapat dilakukan dalam hitungan jam.

Kebanyakan trading dilakukan tidak lebih lama dari satu hari. Tek-tok ini diasosiasikan bagaikan aksi lempar melempar secara cepat.

Trader ingin melakukan penjualan dalam waktu yang cepat sehingga membeli hingga menjual saham kembali harus pada tempo yang sesingkat-singkatnya.

Kebanyakan trader melakukan tek-tok dengan menggunakan analisis teknikal.

Demikian penjelasan mengenai scalping saham, mengetahui berbagai seluk beluk terkait dengan metode ini sangatlah penting untuk diketahui. Hal ini bertujuan agar tidak adanya kesalahan dalam melangkah pada saat melakukan investasi saham. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal apabila mengetahui secara mendasar mengenai metode tersebut.

Tinggalkan komentar