Home » Ekonomi » Keunggulan Universitas Jurusan Perdagangan Internasional di Indonesia untuk Prospek Kerja yang Cerah

Keunggulan Universitas Jurusan Perdagangan Internasional di Indonesia untuk Prospek Kerja yang Cerah

UNIVERSITAS JURUSAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI INDONESIA – Banyak orang yang masih belum familiar dengan studi dengan jurusan perdagangan internasional. Padahal, prospeknya cukup besar di masa mendatang. Pasalnya, dengan adanya sistem perdagangan bebas dan globalisasi membuat pengusaha ekspor-impor menjadi semakin dibutuhkan.

Tak hanya belum begitu dikenal, universitas jurusan perdagangan internasional di Indonesia pun masih sangat minim. Sehingga, bagi orang-orang yang tertarik untuk mempelajari perdagangan internasional kerap pergi ke luar negeri untuk melakukan studi.

Lantas apa itu jurusan perdagangan internasional dan dimana saja universitas jurusan perdagangan internasional di Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya!

Jurusan Perdagangan Internasional

Salah satu jurusan kuliah yang dapat menyalurkan hobi mengamati produk-produk budaya negara lain adalah perdagangan internasional. Jurusan ini memungkinkan Anda mempelajari makanan yang booming di Perancis, fashion trending di Korea, atau game yang diminati di Jepang.

Jurusan ini mendorong mahasiswanya untuk selalu berpikiran global serta memahami cara memadukan budaya berbeda. Pun, dalam jurusan ini Anda dituntut untuk berpikir global mengenai dunia bisnis.

Yang paling penting dalam jurusan ini adalah cara mengelola bisnis multinasional serta cara untuk mengubah perusahaan lokal serta nasional menjadi perusahaan sukses dalam skala internasional.

Konsep Umum dalam Program Perdagangan Internasional

Dalam studi yang dilakukan di Indonesia maupun di luar negeri, terdapat beberapa konsep umum, diantaranya:

  • Pasar saham
  • Pasar negara berkembang
  • Praktik bisnis internasional
  • Politik bisnis
  • Pertukaran moneter
  • Peratingan dan aliran uang.

Sedangkan, hal-hal yang umumnya dipelajari pada studi perdagangan internasional meliputi:

  • Mempelajari cara membuat rencana bisnis yang menggambarkan ide dalam bisnis dengan lebih rinci
  • Mempelajari berbagai bahasa yang ada di dunia
  • Mempelajari cara untuk menjual produk ke seluruh belahan dunia
  • Meneliti pesaing bisnis
  • Memahami ekonomi secara internasional

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh mahasiswa jurusan perdagangan internasional. Yang mana mahasiswa akan menjadi lebih fleksibel, kreatif, tertarik untuk belajar budaya negara lain, percaya diri, akrab dengan angka, serta melakukan komunikasi dengan baik.

Perkuliahan Jurusan Perdagangan Internasional di Indonesia

Universitas jurusan perdagangan internasional di Indonesia pada jenjang S1 melakukan studi selama empat tahun. Ada banyak materi yang menjadi topik selama kuliah sehingga membantu Anda mendapatkan pola pikir ilmu bisnis kuat dan mumpuni. Ada beberapa keterampilan antar budaya yang akan diberikan pada mahasiswa sehingga mempunyai kesempatan jadi bagian besar dari berbagai proyek berskala internasional.

Awal perkuliahan, materi yang didapatkan berupa pemasaran, logistik, penjualan, dan juga bahasa asing. Pun, mahasiswa dibiasakan untuk menjalani konsep pendidikan design-based education agar mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dengan lebih profesional.

Selanjutnya, pengetahuan mahasiswa akan semakin luas karena keputusan bisnis akan dilatih dengan berdasar pada faktor sosial dan etis. DI akhir perkuliahan, mahasiswa akan berpartisipasi di dalam mata kuliah minor pilihan serta melakukan kegiatan magang. Selanjutnya, diberi tugas akhir untuk kelulusan.

Berikut Universitas yang memiliki program studi Perdagangan Internasional di Indonesia

  1. Politeknik APP Jakarta, informasi nya bisa Anda lihat di
    https://poltekapp.ac.id/page/detail/d3-perdagangan-internasional-wilayah-asean-dan-rrt
  2. Politeknik Negeri Batam, informasi nya bisa Anda lihat di
    https://www.polibatam.ac.id/d4-logistik-perdagangan-internasional/
  3. Universitas Gajah Mada (Program Pasca Sarjana), informasi nya bisa Anda lihat di https://hi.fisipol.ugm.ac.id/kurikulum-minat-khusus-diplomasi-perdagangan-global/

Prospek Kerja Universitas Jurusan Perdagangan Internasional di Indonesia

Bagi Anda yang mendambakan mempunyai karir internasional, maka memilih jurusan perdagangan internasional sangat disarankan. Sebab, dengan mengaburnya batas budaya dan perdagangan di antara negara-negara, maka bisnis pun semakin mudah dijalankan.

Sehingga, prospek kerja perdagangan internasional menjadi semakin beragam. Beberapa diantaranya:

Bisnis Export-Import

Export dan import bukan lagi hal yang asing di berbagai negara. Untuk menjalankan bisnis ini, maka perlu adanya pemahaman yang matang mengenai alur perdagangan antar negara dan juga peluang menjanjikan di negara lain.

Bisnis ini memiliki keuntungan menggiurkan yang sebanding dengan resikonya. Namun, dengan belajar secara mendalam tentang jenis bisnis ini, maka kesuksesan bukan tidak mungkin dapat teraih. Anda bisa mulai apply pada perusahaan export-import yang telah mapan. Setelah mempelajari alur kerja perusahaan, maka Anda bisa mulai mendirikan perusahaan sendiri.

Perusahaan Investasi

Prospek kerja lainnya adalah lulusan bisa bekerja pada perusahaan investasi internasional. Sebab, lulusan memiliki pengetahuan serta skill pada bidang investasi, obligasi, saham, dan sebagainya.

Pasalnya, perdagangan bebas banyak diterapkan dan dapat meningkatkan arus barang serta jasa. Negara yang berkembang maupun negara maju selalu butuh modal untuk terus melakukan proses produksi. Sehingga, peluang perdagangan internasional dan foreign direct investment semakin berkembang. Bahkan, negara-negara selalu bersaing mendapatkan pendanaan dari modal asing.

Persaingan ini menimbulkan munculnya peran perusahaan investasi sebagai lembaga yang mengelola investasi yang diperuntukkan bagi pihak lain. Prospek lulusan perdagangan internasional pun semakin besar.

Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional adalah perusahaan besar yang mengoperasikan kegiatan bisnisnya pada berbagai negara. Indonesia sendiri menjadi ladang subur bagi perusahaan ini. Beberapa diantaranya Google, Sony, serta Canon.

Lulusan perdagangan internasional mempunyai peluang besar untuk dapat bekerja pada perusahaan tersebut. Sebab, lulusan perdagangan internasional memahami export-import, bekerja sesuai dengan kultur negara lain, dan lain-lain.

Prospek kerja yang besar seharusnya membuat lebih banyak generasi muda untuk melirik studi ini. Pasalnya, dengan sumber daya manusia yang mumpuni, Indonesia bisa lebih giat dalam melakukan ekspor. Sehingga, memiliki kontribusi yang besar untuk negara.

Tinggalkan komentar