Home » Lainnya » Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik dengan 2 Cara Mudah Ini !

Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik dengan 2 Cara Mudah Ini !

Botol plastik bekas minuman yang sudah tak terpakai di rumah baiknya disulap menjadi kerajinan tangan daripada dibuang begitu saja yang dapat merusak atau mencemari lingkungan. Membuat tempat pensil dari botol plastik bisa dicoba untuk mendaur ulang botol plastik agar tidak terbuang menjadi sampah.

Sangat mudah kok untuk membuat tempat pensil dari botol plastik dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi lengkap dan menariknya untuk Anda terkait hal tersebut. Simak informasi berikut ini ya!

Mengenai cara membuat tempat pensil dari botol plastik, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan dua ide pembuatan yang bisa Anda coba, yaitu :

Cara membuat tempat pensil dari botol plastik sederhana bergambar

Alat dan bahan

Untuk membuat tempat pensil yang terbuat dari botol plastik, bahan – bahan yang Anda butuhkan sebagai berikut :

  • Botol air mineral bekas
  • Selotip bening
  • Gunting
  • Cat untuk memberikan warna atau gambar

Langkah – langkah

Setelah semua bahan yang dibutuhkan Anda siapkan, cara pembuatan tempat pensil yang terbuat dari botol bekas sederhana bergambar sebagai berikut :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan tentunya adalah membersihkan botol bekas terlebih dahulu
  • Setelah Anda bersihkan, lepaskan label air mineral yang terdapat pada botol. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakannya untuk keperluan dekorasi botol, maka Anda bisa mengaturnya sendiri.
  • Potong di bagian atas botol namun jangan dibuang terlebih dahulu karena bagian atas botolnya juga akan digunakan.
  • Setelah itu masukkan semua alat tulis seperti halnya bulpoin, pensil warna, dan pensil atau apapun ke dalam botol sebagai uji coba dan agar ukurannya sesuai
  • Di bagian tepi dari botol, silahkan Anda tempelkan bagian atas botol yang sebelumnya telah di gunting. Nantinya tempat pensil ini bisa dibuka dan juga dapat ditutup dengan sangat mudah.
  • Tara, tempat pensil sederhana sudah siap untuk Anda gunakan atau siap untuk Anda pajang baik di rumah atau pun di kantor.

Pada bagian luar botol yang masih kosong, agar tidak polos begitu saja dan agar lebih menarik maka bisa Anda tambahkan dekorasi gambar sesuai keinginan. Anda bisa mendekorasi dengan menggambar apapun baik itu gambar boneka, karakter, gambar geometri atau apapun. Kemudian bisa Anda cat sesuai selera dengan cat yang tadi Anda siapkan.

Jika tidak punya cat dan kemudian Anda punya kertas origami di rumah, Anda juga bisa menghias botol dengan menempelkan origami yang sudah dibentuk dengan lem. Kemudian agar kertas origami tidak rusak jika terkena air, Anda bisa tutup dengan selotip pada bagian kertas tersebut. Namun memang dibandingkan kertas origami akan lebih rapi jika digambar menggunakan cat.

Cara membuat tempat pensil dari botol plastik dan resleting

Jika Anda ingin pensil dan alat tulis di dalam botol pensil tidak tercecer kemana – mana dan aman, Anda bisa gunakan risleting untuk tempat menutupnya. Dengan resleting, tempat pensil Anda akan terjaga dengan sangat kuat.

Jika tidak sedang Anda gunakan, Anda bisa langsung menutup tempat pensil tersebut dengan risleting. Sehingga ketika Anda ingin menggunakannya, Anda tinggal buka saja risleting tersebut. Sangat praktis tentunya.

Alat dan bahan

Untuk membuat tempat pensil botol plastik dengan resleting, bahan yang Anda perlu siapkan sebagai berikut :

  • 2 botol plastik dengan ukuran dan bentuk yang sama persis
  • 1 buah resleting. Pilih resleting dengan gigi besar dan seukuran diameter botol atau kalau tidak ada yang pas, cari ukuran yang sedikit lebih besar
  • Lem tembak
  • Gunting

Jika semua bahan sudah Anda siapkan, cara membuat tempat pensil resleting sebagai berikut :

Langkah – langkah

  • Pertama – tama Anda cuci bagian botol sampai bersih dan kemudian keringkan sebelum Anda gunakan
  • Pembuatannya bisa dimulai dengan menggunting atau memotong bagian botol plastik sesuai keinginan. Kemudian Anda ukur seberapa tinggi guntingan yang Anda inginkan.
  • Jika sudah, Anda ukur resleting sesuai dengan bagian leher potongan botol. Jika merasa terlalu panjang, Anda bisa potong resleting yang menjuntai bukan pada kuncian resletingnya agar tetap bisa tertutup dan resleting tidak rusak.
  • Rekatkan resleting di bagian dalam leher botol menggunakan lem tembak. Pastikan agar Anda rekatkan bagian luar dari resleting ke sisi bagian dalam leher botol.
  • Setelah itu rekatkan sisi resleting yang satunya di bagian tutup botolnya.
  • Tara, tempat pensil dari botol bekas dengan menggunakan risleting siap Anda gunakan

Agar tempat pensil yang Anda buat semakin terlihat indah, Anda pun bisa memilih warna resleting yang cerah. Anda pun bisa menghias bagian luar botol dengan kain, cat atau yang lain agar lebih menarik dan indah.

Itulah cara membuat tempat pensil dari botol plastik yang Anda bisa coba buat sendiri di rumah. Yuk budayakan untuk hidup bersih dan mengelola sampah agar tidak mencemari lingkungan sedari sekarang, selamat mencoba DIY di atas di rumah!

 

Tinggalkan komentar