Home » Pengetahuan Umum » 5 Cara Merawat Sofa Agar Tidak Cepat Rusak

5 Cara Merawat Sofa Agar Tidak Cepat Rusak

Sofa adalah barang rumah tangga yang sangat penting keberadaannya. Ia selalu kita gunakan baik untuk keperluan resmi seperti menerima tamu ataupun tak resmi seperti tidur-tiduran dan bermalas-malasan.

Karena fungsinya yang sangat dekat tersebut, kenyamanan adalah hal yang penting dari sebuah sofa. Bahkan menjadi poin utama ketika pertama kali melakukan pembelian.

Mengingat kenyamanan adalah hal penting bagi sofa, maka perlu dilakukan perawatan yang benar agar kenyamanan tetap terjaga.

Mengabaikan atau keliru dalam melakukan perawatan, akan membuat sofa tak nyaman lagi digunakan dan bahkan rusak.

Jangan pernah berfikir dua kali untuk mengeluarkan baik tenaga ataupun modal demi terjaganya sofa Anda. Jika Anda rutin melakukan perawatan, modal yang dikeluarkan akan lebih sedikit.

Dibanding jika Anda mendadak melakukan perbaikan setelah ditemukan kerusakan parah pada sofa. Bukankah sofa juga aset?

Jadi siapkan anggaran tersendiri untuk perawatannya.

Berikut tips merawat sofa agar sofa  tetap awet dan terus nyaman digunakan:

Pembersihan secara rutin

Lakukan pembersihan sofa secara rutin dan berkala. Anda bisa menjadwalkannya seminggu atau dua minngu sekali. Pembersihan ini adalah untuk skala kecil, untuk menghilangkan kotoran kecil dan terlihat seperti debu, pasir, bulu, bekas makanan dan sampah kecil lainnya.

Hilangkan noda membandel

Disengaja atau tidak, akan ada noda yang menempel di sofa. Untuk noda ringan Anda bisa membersihkannya dengan tisu atau lap basah.

Namun tidak demikian jika noda yang menempel adalah noda membandel, seperti: tinta, kopi, lipstik, saos, dan semacamnya.

Anda butuh lebih dari sekedar lap basah. Lakukan pembersihan dengan menggunakan chemical anti noda yang bisa Anda beli di toko chemical terdekat.

Tambahkan wewangian

Umumnya kita menghabiskan banyak waktu untuk berada diatas sofa. Kisarannya dari 15 menit sampai 2 jam. Dan tentu saja akan sangat tidak nyaman jika ketika kita berada diatasnya tercium baub apek dan tidak sedap lainnya.

Solusinya adalah dengan menyemprotkan parfum atau wewangian khusus sofa. Dengan aroma kesukaan, tentu Anda akan betah berlama-lama diatasnya.

Bersihkan aksesoris sofa

Biasanya pada sofa terdapat beberapa aksesoris tambahan seperti: bantal, bulu-bulu, penutup, atau aksesoris lainnya. Jika Anda melakukan pembersihan sofa, maka pastikan aksesoris ini juga ikut dibersihkan.

Lakukan cuci besar

Ini hal penting yang perlu para pemilik sofa lakukan. Lambat laun, baik oleh pengaruh lingkungan atau karena pemakaian yang sudah cukup lama, sofa akan kotor dan kumal maksimal.

Benar Anda masih bisa melakukan pembersihan seperti tips no.1, namun pada kondisi tertentu hasilnya tidak akan maksimal.

Cara terbaik adalah lakukan cuci besar pada sofa. Cuci besar adalah melakukan proses pembersihan secara besar-besaran dan menyeluruh.

Biasanya dengan membasahi sofa, menaburi pembersih, proses penyikatan, dan diakhiri pengeringan.

Mengingat prosesnya yang berat dan memakan waktu, biasanya untuk cuci besar ini dilakukan oleh jasa cuci sofa.

Sekarang, cukup banyak jasa cuci sofa yang bisa dicari via internet, Anda cukup mengetikkan kata kunci diikuti dengan kota.

Misalnya jasa cuci sofa Jakarta, jasa cuci sofa Bandung, jasa cuci sofa Yogyakarta.

Kelima tips diatas jika dilakukan secara berkesinambungan akan membuat sofa Anda awet untuk waktu yang sangat lama.

Bahkan meskipun Anda termasuk tipe orang yang mampu membeli sofa setiap bulannya, merawat sofa tetap merupakan hal baik yang perlu dilakukan.

Mulailah dari sekarang untuk mencicil perawatan sofa kesayangan Anda. Anda bisa memulainya dari hal yang paling mudah.

Misalnya memberinya wewangian. Dan dilanjutkan dengan perawatan lainnya jika akhirnya Anda merasa terpanggil. Sayangi sofa Anda, maka diapun akan menyayangi Anda.

Sumber : Jogja Clean

Tinggalkan komentar