Home » Ide Bisnis » Tips Hebat Jadi Pengusaha Online Shop Internasional

Tips Hebat Jadi Pengusaha Online Shop Internasional

Saat ini memang sangat mudah mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan maupun sekedar diinginkan. Berbagai online shop bertebaran di dunia maya. Entah berapa juta online shop internasional yang eksis.

Pembeli harus ekstra selektif memilih yang terpercaya. Jangan asal tergoda oleh harga murah. Banyak pembeli kecewa karena ternyata barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Berdasarkan survey perilaku konsumen saat menggunakan jasa online shop internasional, setidaknya beberapa hal di bawah merupakan hal yang paling dipertimbangkan.

BACA JUGA : 4 Contoh Pembukuan Olshop Sederhana dan Penjelasannya

1. Harga Murah

Siapa yang tidak mau mendapatkan harga yang murah saat membeli barang yang sedang diburu. Rupanya ¼ bagian dari responden yang diwawancarai, harga murah merupakan salah satu pertimbangan berbelanja online.

Walau bukan yang hal yang utama, namun tidak dapat dipungkiri terutama bagi konsumen dengan budget terbatas. Hal ini tentu sangat membantu menyesuaikan kondisi budget tersebut dengan kebutuhan.

2. Ongkos Kirim

Selanjutnya yang juga dipertimbangkan oleh konsumen ketika berbelanja di online shop internasional adalah ongkos kirim yang masuk di akal.

Dengan kata lain adanya ongkos kirim yang lebih hemat merupakan pertimbangan yang cukup utama.

Seringkali konsumen lupa, maunya mendapatkan free ongkir atau ongkir yang sangat murah untuk jarak yang sangat jauh.

Padahal dengan mengganti ongkos kirim yang telah ditetapkan dengan harga normal saja merupakan penghematan besar-besaran.

Bandingkan dengan pergi sendiri ke luar negeri untuk membeli barang diinginkan. Butuh berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Belum lagi waktu yang pasti sangat banyak terbuang jika mengunjungi tempat tersebut.

Namun begitulah perilaku konsumen secara umum. Tetap menginginkan ongkos kirim yang hemat meskipun berbelanja online lintas negara.

Online shop internasional pun berlomba-lomba memberikan ongkos kirim yang hemat.

3. Layanan Juara Pada Online Shop Internasional

Berikutnya tentunya performa layanan yang diberikan oleh online shop internasional. Di antara pelayanan yang disukai oleh konsumen adalah kecepatan pengiriman yang dapat diandalkan.

Semakin cepat waktu pengiriman, maka semakin besar kemungkinan online shop tersebut dipilih oleh konsumen.

Pertimbangan tersebut seringkali didasarkan akan kebutuhan mendesak akan barang tersebut sehingga kecepatan adalah keharusan.

4. Keamanan

Untuk faktor keamanan, salah satu yang disukai oleh konsumen adalah jaminan uang kembali bila barang tidak sesuai dengan yang diiklankan.

Apabila terjadi kerusakan tertentu, dapat ditukar dengan barang baru dengan beberapa ketentuan yang berlaku.

Belanja online memang memerlukan ketelitian dan jaminan keamanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan belanja offline.

Saat belanja offline, konsumen dapat melihat langsung barangnya sekaligus mengecek langsung fungsi barang tersebut.

Sedangkan, belanja online terlebih online shop internasional dimana tempatnya tidak dapat dijangkau secara fisik dalam waktu beberapa jam pastinya sangat perlu perlindungan khusus.

5. Aneka Varian Terbaru

Rupanya konsumen di seluruh dunia sangat bersemangat bila ada online shop internasional yang punya produk variatif.

Terlebih produk yang tersedia adalah produk yang sedang naik daun.

BACA JUGA : 6 Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan di Rumah dan Tips Suksesnya

Berminat Memulai Usaha Online Shop Internasional?

Beberapa hal yang paling dipertimbangkan oleh konsumen di seluruh dunia saat berbelanja online telah Anda ketahui.

Nah, jika berminat untuk meningkatkan penghasilan melalui perniagaan internasional, Anda bisa coba beberapa cara berikut

1. Kemampuan Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris

Hal yang paling penting saat bertransaksi secara online di dunia internasional adalah penguasaan Bahasa Inggris. Segala sesuatu yang berkaitan dengan syarat serta ketentuan yang berlaku semua disediakan dalam Bahasa Inggris.

Tentu berbeda jika kita menggunakan sarana mesin penerjemah yang terkadang tidak akurat.

Selain itu, konsumen yang berasal dari berbagai penjuru dunia akan menggunakan satu bahasa internasional yang sama yaitu Bahasa Inggris.

2. Pelajari Cara Kerja E Commerce Internasional

Keprofesionalan merupakan kunci keberhasilan setiap perniagaan.

Anda harus paham betul segala sesuatu yang berkaitan dengan aturan dan ketetapan yang berlaku di marketplace yang Anda pilih untuk menjalankan bisnis.

Agar lebih memahami alur yang ada, maka sangat disarankan agar terjun langsung sebagai penjual dan pembeli di marketplace tersebut.

Lakukan proses jual beli dengan toko Anda sendiri sehingga proses yang dialami oleh pembeli telah dipelajari.

3. Ketahui Teknik Pembayaran Yang Berlaku

Beberapa pembayaran paling populer wajib diketahui dan segera diurus akunnya agar dapat digunakan sebagai sarana pembayaran internasional yang diterima.

Mudahkan para pembeli dalam proses pembayaran agar online shop Anda menjadi pilihan.

Umumnya pembayaran yang berlaku adalah PayPal, Master Card, Western Union, dan yang lainnya. Ingatlah untuk mempertimbangkan pajak serta biaya pengiriman yang berlaku.

Kekeliruan kalkulasi akan menyebabkan Anda merugi.

4. Kenali Seluk Beluk Pengiriman via Ekspedisi Internasional

Pandai-pandailah memilih ekspedisi terpercaya agar online shop lebih terpercaya. Pelajari dokumen apa saja yang diperlukan saat pengiriman.

Sangat baik bila bekerja sama dengan banyak pilihan ekspedisi untuk memudahkan konsumen.

Setiap ekspedisi memiliki aturan sendiri perihal durasi, garansi, tarif, serta pengemasan standar yang harus dipenuhi.

Pelajari secara detail karena ini menyangkut keamanan barang yang Anda jual agar selamat sampai tujuan.

Memahami secara penuh perihal ekspedisi akan memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis online shop internasional untuk menjalankan perniagaan lebih aman, cepat, dan handal.

5. Sediakan Produk Yang Unik dan Bermanfaat

Siapa sih yang tidak suka berbelanja di online shop yang produk-produknya unik dan bermanfaat. Terlebih produknya berkualitas tinggi dan langka.

Konsumen tentu akan merasa sangat beruntung membeli barang-barang di online shop Anda.

Walaupun konsumen suka barang-barang yang hemat di kantong dengan kualitas andalan.

Namun jika Anda menjual barang yang tidak mudah didapatkan dan berkualitas bagus maka tidak salah jika harga yang ditetapkan juga tinggi.

Konsumen tentu tetap akan membeli barang tersebut karena berbagai spesifikasi kualitas andalan yang ditawarkan. Jadi sebagai pebisnis ulung, Anda harus selektif dan cerdik memilih produk andalan.

6. Kuasai Berbagai Jenis Promosi

Selalu siapkan online shop internasional Anda untuk mengikuti promosi yang sedang dilaksanakan oleh pihak e commerce. Semua suka promo.

Tidak jarang konsumen berbelanja jor-joran saat masa promosi berlangsung.

Sayang sekali jika sebagai penjual tidak bergabung pada program promosi. Sarana promosi merupakan waktu yang sangat baik untuk memperkenalkan produk Anda serta pelayanan yang memuaskan.

Jika konsumen pada awalnya hanya memilih online shop Anda karena ingin mendapatkan diskon masa promosi, bisa jadi setelahnya akan menjadi langganan karena pelayanan yang jempolan.

Karenanya siapkan online shop anda sebaik-baiknya.

Selalu ambil kesempatan promosi dan adakan promosi sendiri untuk menjaring pelanggan baru. Dengan demikian, konsumen akan cepat bertambah banyak dan online shop Anda akan maju.

7. Beriklan

Sediakan budget khusus untuk beriklan di berbagai platform. Iklan yang tepat akan sangat membantu online shop Anda mendapatkan pembeli dari berbagai jalur.

Jangan pelit menganggarkan dana untuk iklan. Iklan sangat bagus mengembangkan bisnis.

Itulah trik-trik memulai usaha online shop internasional sukses dan patut dijadikan pilihan pelanggan. Selamat menjadi pengusaha.

Selalu layani pelanggan sepenuh hati. Ketulusan Anda melayani akan sampai energi positifnya pada para pelanggan.

Sumber : Shopify.com

Tinggalkan komentar