Home » Franchise » Franchise Kopi Kenangan, Syarat, Cara Daftar, Harga dan Kelebihannya

Franchise Kopi Kenangan, Syarat, Cara Daftar, Harga dan Kelebihannya

Salah satu brand minuman lokal yang cukup dikenal banyak oleh masyarakat adalah Kopi Kenangan. Bagi pecinta kopi yang dikemas dengan nuansa kekinian, kopi ini tentu sudah tidak asing lagi. Usaha minuman kekinian ini juga cocok untuk dijadikan franchise Kopi Kenangan.

Hal itu dikarenakan kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat. Sehingga tidak akan sulit untuk mendapatkan pelanggan.

Apalagi didukung dengan harga yang terjangkau, rasa yang unik dan nikmat, serta pengemasan yang kekinian, tentunya akan semakin menarik minat para pembeli.

Tentu Anda penasaran apakah Kopi Kenangan  ini juga sudah membuka franchise? Jika sudah berapa harganya? Namun jika belum kira-kira apa alasannya ya?

Kami akan menjawab rasa penasaran Anda dalam tulisan di bawah ini.

Tentang Kopi Kenangan

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang franchise Kopi Kenangan, terlebih dahulu kita akan membahas lebih tentang sejarah berdirinya kopi ini.

Kopi Kenangan  ini didirikan pada tahun 2017 oleh James Prananto dan Edward Tirtanata. Lokasi kedai yang pertama berada di Kuningan, Jakarta Selatan. Tepatnya di Menara Standard Chartered.

Sebelumnya Edward juga sudah membuka bisnis kuliner pada tahun 2015. Kedai tersebut bernama kedai teh Lewis and Carrol.

Akan tetapi pencapaian kedai teh tersebut tidaklah sebagus Kopi Kenangan. Merek tersebut diklaim pemiliknya mempunyai nama yang terdengar mahal.

Akhirnya dia membuat nama brand Kopi Kenangan  yang lebih mudah diingat serta relate dengan kehidupan masyarakat.

Kopi Kenangan  sendiri merupakan salah satu kopi grab and go, yang perkembangannya cukup cepat. Bahkan hingga tahun 2020 mereka sudah memiliki 400 outlet  di 26 kota.

Dari banyaknya outlet tersebut, kopi ini mampu menyerap lebih dari 3000 tenaga kerja hampir di seluruh Indonesia.

Kopi Kenangan  juga memiliki aplikasinya sendiri, yang diluncurkan pada tahun 2019. Hingga sekarang ini aplikasi Kopi Kenangan  sudah didownload 1 juta pengguna.

Prestasi lainnya dari kopi ini yaitu bisa menjual 30 juta cups di tahun 2020 lalu.

Saking terkenalnya, bahkan investor asing tidak ragu lagi untuk menyuntikan dananya kepada brand ini. Sebut saja Alpha JWC, Sofina, Kunlun, Verlinvest, B Capital, dan Horizons Ventures.

Menu

Kopi Kenangan  umumnya menyuguhkan menu es kopi dengan berbagai macam variasi. Ada juga es teh dan susu.

Anda bisa membeli satu gelas kopi dengan harga 15 rb hingga 30 ribu saja. Jika Anda penasaran  apa saja varian kopi yang ada di kedai ini. Simak daftarnya berikut ini.

  • Kopi Kenangan mantan, misalnya dua shot iced shaken.
  • Kopi mantan menikah, misalnya saja seperti kopi klasik, latte, capuccino, hazelnutt late, salted caramel macchiato, dan lain lain.
  • Kopi Kenangan masa lalu, contohnya kopi kelapa, americano /long black.
  • Es teh nostalgia, berupa lemon black tea, milk tea boba gula aren, teh tarik ulur, dan sebagainya.
  • Kenangan baru, seperti Thai tea, green tea, susu boba gula aren dan lain-lain.
  • Paket kopi Pesta kenangan (peka), peka 1 (2 es Kopi Kenangan mantan, 3 es milo dinosaurus), peka 2 (2 es Kopi Kenangan  mantan dan 3 es thai tea), peka 3 (5 es Kopi Kenangan  mantan).

Syarat Franchise Kopi Kenangan

Perlu diketahui bahwa ternyata Kopi Kenangan ini tidak ingin mengembangkan usahanya melalui bisnis kemitraan ataupun franchise.

Alasannya sang owner menilai, setiap kepala gerai franchise nantinya akan memiliki tujuan berbeda-beda atau kepentingannya sendiri-sendiri. Sehingga bisa saja sulit untuk menjaga kualitas produk.

Edward sang pemilik kedai ini lebih memilih  ekspansi non franchise untuk melebarkan jangkauan usahanya.

Hal tersebut agar lebih mudah mengontrol segala kebijakan tiap cabangnya. Selain itu juga bisa dengan mudah menjaga standar kualitas produk kopi ini.

Cara Daftar Franchise Kopi Kenangan

Meskipun Kopi Kenangan  tidak membuka sistem franchise, Anda masih bisa mencoba franchise minuman kekinian lainnya.

Misalnya saja kopi Janji Jiwa, es teh Indonesia, jelly Potter dan lain sebagainya.

Untuk mendaftarnya Anda juga bisa menghubungi tim manajemen mereka, atau mengunjungi alamat kantor pusat minuman kekinian tersebut.

Biaya/Harga Franchise Kopi Kenangan

Umumnya membuka franchise minuman kekinian memerlukan modal yang tidak terlalu banyak.

Misalnya saja untuk kopi Janji Jiwa, Anda kira-kira hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 100 hingga 200 juta.

Biasanya dengan modal sebesar itu Anda sudah bisa mendapatkan lisensi brand, seragam, perlengkapan pembuatan produk, modal konstruksi booth, dan lain-lain.

Kelebihan

Walaupun Kopi Kenangan  tidak membuka sistem franchise, ada beberapa kelebihan yang bisa didapat dengan bergabung dengan bisnis franchise kopi.

Misalnya saja, produk yang sudah populer, adanya pelatihan kerja ataupun pembuatan produk franchise, dibantu dalam marketing ataupun promosi, disediakan booth, dan lain sebagainya.

Demikian tadi sedikit informasi tentang Kopi Kenangan. Meskipun kopi ini belum membuka sistem kemitraan, Anda masih bisa memilih franchise kopi atau minuman kekinian yang lain. Selamat berbisnis.

Share on:

Tinggalkan komentar