3 Rekomendasi Perusahaan Sekuritas Terbaik dan Kredibel

Dalam berinvestasi saham, tentu Anda harus mempertimbangkan perusahaan sekuritas terbaik. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu faktor krusial untuk bisa berinvestasi di bursa saham dengan benar.

Di Indonesia sendiri, minat masyarakat terhadap investasi cukup tinggi. Namun, tingkat literasi keuangannya belum memadai.

Termasuk juga dalam memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang terjebak pada investasi bodong.

Untuk itu, sebelum terjun ke investasi saham, sebaiknya Anda pahami betul perusahan sekuritas terbaik yang bisa Anda pilih.

Langsung saja, berikut pembahasannya secara detail!

Peran Perusahaan Sekuritas dalam Investasi Saham

Perusahaan sekuritas mempunyai peran yang penting pada jual beli efek di pasar modal. Perusahaan yang sah mempunyai lisensi khusus untuk dapat menjalankan transaksi jual beli efek.

Nah, pada dasarnya, fungsi dari sekuritas adalah menjadi perantara untuk investor dengan pasar modal. Sehingga, transaksi menjadi lebih mudah.

Keberadaan sekuritas akan membantu investor dalam memeroleh keuntungan yang maksimal dari transaksi yang dilakukan.

Di Indonesia, terdapat dua tipe yang perlu Anda ketahui, yakni meliputi sekuritas syariah serta konvensional.

Perbedaan keduanya adalah pada sekuritas syariah, pialang melaksanakan jual beli efek dengan mematuhi syariat Islam.

Keberadaan sekuritas syariah menjadi angin segar bagi muslim yang ingin memeroleh keuntungan dari investasi saham tanpa riba.

Sehingga, perusahaan seperti trading syariah online menjadi semakin diminati masyarakat.

BACA JUGA : Prinsip Analisa Teknikal Saham Yang Harus Dipahami Trader

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik, tentu ada beberapa patokan yang harus Anda pahami. Hal yang pertama dan paling utama dalam memilih sekuritas adalah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Syarat ini mutlak harus dipenuhi dan tidak bisa ditawar lagi. Termasuk juga saat Anda akan menentukan sekuritas forex.

Sebab, dengan terdaftarnya pada OJK, maka legalitas uang yang Anda tanamkan jelas. Jadi, akan menghindarkan dari ketidakjelasan atau bahkan hilang sama sekali.

Selain itu, pertimbangkan juga tingkat transaksi yang dilakukan, kualitas layanan, jumlah nasabah, dan juga biaya trading yang lebih terjangkau.

Meskipun soal pilihan biasanya bersifat subyektif, tetapi, untuk menentukan perusahaan sekuritas terbaik, Anda bisa mengikuti saran-saran berikut ini!

  1. Perhatikan berapa setoran untuk membuka rekening. Anda bisa menentukan sekuritas yang memiliki kebijakan deposit awal sesuai budget.
  2. Pilih lah sekuritas yang menawarkan fitur yang sesuai dengan gaya investasi. Anda juga perlu mempertimbangkan tingkat pelayanannya seperti aplikasi charting dan fee transaksi.
  3. Anda juga dapat memilih sekuritas yang mempunyai rekening dana investor pada bank yang sama dengan rekening pribadi supaya tidak kena fee ketika top-up atau menarik dana.
  4. Memilih sekuritas yang membuka rekening online, sehingga memudahkan proses transaksi.
  5. Aplikasi saham yang user friendly sehingga Anda semakin mudah untuk melakukan transaksi saham.

Daftar Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

Setelah mempertimbangkan saran-saran di atas, sekarang saatnya Anda menentukan mana perusahaan sekuritas terbaik yang akan dipilih.

Sekali lagi, perusahaan pilihan harus sesuai dengan gaya investasi Anda. Berikut beberapa rekomendasinya!

BNI Sekuritas

Perusahaan sekuritas terbaik yang pertama adalah BNI sekuritas yang merupakan anak perusahaan dari Bank Negara Indonesia. Terdapat dua pilihan yang tersedia yakni akun syariah dan konvensional.

BNI sekuritas bergerak pada beberapa bidang seperti perdagangan saham, investment banking dan assets management, dan perdagangan surat utang. Sedangkan fasilitas transaksinya meliputi online dan hybrid.

Jika Anda memilih online, berarti tidak akan dibantu oleh team sales BNI Sekuritas. Sedangkan Hybrid menggunakan bantuan dari sales.

Beberapa keunggulan dari perusahaan sekuritas terbaik yang satu ini adalah setoran awalnya minimal hanya Rp 1 juta untuk online dan Rp 5 juta untuk hybrid.

Sedangkan fee jual saham yang akan diperoleh sebesar 0,25% tanpa minimum fee. Untuk fee beli saham sebesar 0.15%.

Untuk mendaftar BNI Sekuritas, Anda bisa mengikuti langkah berikut :

  1. Registrasi data di https://bnisekuritas.co.id/regonline
  2. Kemudian, Anda cetak formulirnya dan tambahkan materai 6000. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan.
  3. Selanjutnya, lampirkan juga fotokopi KTP serta NPWP yang Anda miliki. Lalu kirimkan ke BNI Sekuritas, Sudirman Plaza, Indofood Tower lantai 16, Jalan Jenderal Sudirman Kav 76-78, Jakarta 12910.

Setelah proses pendaftaran ini, maka BNI akan mengirim email bahwa Anda sudah membuka rekening serta bisa melakukan transaksi saham.

Untuk informasi lebih jelas mengenai BNI Sekuritas, maka Anda bisa mengakses http://www.bnisekuritas.co.id/ atau hubungi customer service melalui telepon (021) 2554-3946 atau email ke customercare@bnisekuritas.co.id

BACA JUGA : 5 Tempat Jual Beli Saham dan Obligasi Online Terpercaya Terdaftar OJK

Mandiri Sekuritas

Pada daftar trading saham terbaik kedua, ada Mandiri Sekuritas. Perusahaan ini sudah sejak lama memiliki reputasi yang baik bagi investor ritel. Terlebih pada aplikasi saham yang terkenal mudah digunakan.

Izin pialang saham dari Mandiri Sekuritas ditandai dengan terbitnya SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) nomor 12 th 1992.

Serta izin penjamin emisi dalam SK Bapepam nomor 13 th 1992. Pastinya, perusahaan sekuritas terbaik ini sudah terdaftar  di OJK.

Kelebihan dari Mandiri Sekuritas diantaranya merupakan sekuritas BUMN yang paling besar serta paling aktif pada Bursa Efek.

Anda juga bisa melakukan pendaftaran melalui online dengan mudah.

Produk investasi pasar modal yang dimiliki Mandiri Sekuritas juga tergolong lengkap.

Mulai dari saham syariah dan konvensional, reksadana, emisi IPO, SBN, dan obligasi. Anda pun bisa melakukan diversifikasi investasi hanya dengan satu sekuritas.

Selain itu, Mandiri Sekuritas juga memiliki koleksi reksadana pada MOST yang lengkap. Serta dibekali fasilitas training di kelas maupun online.

Jika tertarik, silakan mendaftar dengan cara :

  1. Buka rekening dana investor di Mandiri Tabungan Bisnis.
  2. Memilih akun yang tersedia baik reguler, syariah, maupun full service.
  3. Setoran minimal untuk awal membuka akun adalah Rp 2 juta untuk mahasiswa, Rp 5 juta untuk umum, serta Rp 100 juta untuk full service.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa akses website https://www.most.co.id atau melalui telepon di 14032 dan email care_center@mandirisek.co.id.

CIMB Sekuritas

Perusahaan sekuritas terbaik yang selanjutnya adalah CIMB Sekuritas. Beberapa alasan yang membuat investor membuka CIMB Sekuritas adalah adanya research report atau laporan riset yang diberikan secara berkala.

Nah, laporan riset tersebut sangat bagus serta rutin dipublikasikan dan komprehensif. Jadi, tidak hanya cover per saham, melainkan laporan per sektor industri maupun ekonomi nasional.

Bahkan, laporan risetnya lebih luas dan menjangkau wilayah ASEAN.

Cara membuka rekening CIMB Sekuritas harus dilakukan manual. Tahapannya adalah :

  1. Mengunduh serta mengisi formulir pada aplikasi. Jangan lupa melengkapinya dengan kelengkapan dokumen.
  2. Sesudah itu, tandatangani dan hubungi customer service untuk menyerahkan dokumen dan aktivasi rekening.
  3. Menyerahkan KTP atau paspor untuk WNA, serta NPWP.

Aplikasi perdagangan saham CIMB dapat Anda akses melalui situs trading CIMB Securities atau aplikasi CGS-CIMB iTrade Cimb melalui ponsel.

Informasi lanjutan bisa Anda dapatkan di https://www.itradecimb.co.id/ atau 021-299 61800 serta email jk.itrade@cgs-cimb.com.

Kesimpulan

Demikian yang dapat diulas dari perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia. Setiap sekuritas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk itu, penting bagi Anda melakukan diversifikasi untuk berjaga-jaga. Jadi, saat ada masalah dengan suatu broker, maka Anda masih memiliki investasi melalui broker lainnya.

Pastikan perusahaan sekuritas terbaik yang Anda pilih memang sesuai dengan kebutuhan, ya!

Tinggalkan komentar