Home » Saham » Tutorial Cara Melihat Harga Saham di IDX Terlengkap!

Tutorial Cara Melihat Harga Saham di IDX Terlengkap!

Buat Anda yang masih baru pertama kali bermain saham, maka mengetahui cara melihat harga saham di IDX sangatlah penting.

Hal ini bertujuan agar setiap langkah yang Anda ambil untuk berinvestasi tidak keliru.

Selain itu, memahami cara mengecek harga saham juga penting karena Anda harus tahu lebih dulu harga saham yang akan dibeli sebelum membelinya.

Mengetahui harga saham juga dibutuhkan ketika melakukan analisis fundamental dan teknikal.

BACA JUGA : 3 Contoh Menghitung Nilai Intrinsik Saham

Mengapa Harus IDX?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harus melihat harga saham melalui IDX dan bukan platform lainnya. Alasan pertama yaitu karena IDX adalah pusat perdagangan untuk seluruh transaksi jual beli saham.

Selain itu, IDX juga platform jual beli saham yang memberikan keterangan jelas tentang harga-harga saham. Nah, inilah alasan mengapa Anda perlu tahu cara melihat harga saham di IDX.

Lantas, bagaimanakah cara untuk mengetahui harga saham di IDX? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Melihat Harga Saham Harian di IDX

Pertama, Anda harus tahu bagaimana cara melihat harga saham harian di platform IDX. Dengan mengetahui cara ini, maka Anda bisa mengetahui harga saham harian dari sebuah perusahaan tertentu.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi website IDX di idx.co.id dengan menggunakan browser PC atau ponsel.

Selanjutnya, Anda perlu memilih menu ‘Data Pasar’ yang ada di kolom yang terletak di atas tampilan website IDX.

Setelah itu, Anda akan menemukan sub-bagian ‘Ringkasan Perdagangan’.

Jika sudah menemukan sub-bagian tersebut, maka cara melihat harga saham di IDX selanjutnya yaitu klik ‘Ringkasan Saham’.

Kemudian, Anda bisa menentukan tanggal yang ingin dicek harga sahamnya.

Selain bisa mengatur tanggal pencarian, Anda juga bisa menggunakan filter lainnya yaitu nama perusahaan, kode saham, nilai, dan lain sebagainya.

Fitur filter ini bermanfaat untuk memudahkan pencarian harga saham yang Anda inginkan.

Jadi, gunakan filter ini jika ingin pencarian menjadi lebih spesifik, cepat, dan mudah. Apabila Anda sudah mengatur filter, maka klik tombol ‘Cari’.

Tunggulah beberapa saat sampai daftar harga saham muncul. Nah, setelah itu Anda bisa melihat semua daftar harga saham secara rinci dari semua emiten yang sudah terdaftar di IDX.

Daftar harga saham ini akan muncul dalam bentuk tabel.

BACA JUGA : 5 Perbedaan Reksadana dan Saham, Lebih Baik Mana untuk Pemula?

Cek Harga Saham IDX Real Time

Sebagai catatan, Anda harus tahu bahwa metode untuk cara melihat harga saham di IDX di atas tidak memberi tahu harga saham secara real time.

Namun, harga saham yang ditampilkan adalah harga saham pada tanggal yang Anda pilih.

Jadi, jika Anda mencari harga saham pada tanggal 20 September 2021, maka Anda hanya bisa melihat harga saham pada hari-hari sebelum tanggal tersebut, misalnya tanggal 19 September 2021.

Jadi, untuk harga saham pada tanggal 20 September belum bisa Anda dapatkan jika menggunakan metode ini.

Tapi, Anda jangan khawatir karena Anda tetap bisa melihat harga saham secara real time dengan menggunakan Google. Cara melihat harga saham di Google juga mudah.

Anda hanya perlu mengetik kode emiten dari perusahaan yang ingin Anda ketahui harga sahamnya.

Misalnya, Anda ingin mengetahui harga saham dari perusahaan Aneka Tambang. Kode emiten dari perusahaan tersebut adalah ANTM.

Ketikkan kode tersebut di kolom pencarian Google disertai dengan kata ‘saham’, sehingga menjadi ‘saham ANTM’.

Dengan demikian, Anda sudah bisa tahu harga saham real time dari perusahaan Aneka Tambang.

Tapi, cara ini bisa digunakan untuk melihat harga saham real time untuk masing-masing emiten, bukan seluruh emiten secara bersamaan seperti tabel harga saham di IDX.

Cara Mengetahui Harga Saham Naik atau Turun

Selain penting untuk mengetahui cara melihat harga saham di IDX, Anda juga perlu tahu cara mengetahui apakah suatu saham mengalami kenaikan harga atau penurunan harga.

Untuk mengetahui hal tersebut, maka diperlukan analisis terhadap perubahan harga saham.

Bagi Anda yang tidak tahu caranya, jangan khawatir karena analisis perubahan harga tersebut juga bisa diketahui dengan menggunakan IDX.

Namun, perubahan harga saham ini hanya menampilkan masing-masing emiten saja, bukan seluruh emiten yang terdaftar di IDX.

Lantas, bagaimanakah cara melihat harga saham di IDX?

Katakanlah Anda ingin melihat perubahan harga saham di perusahan Aneka Tambang dengan kode emiten ANTM, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengunjungi laman IDX di idx.co.id.

Kemudian, Anda perlu memilih kolom ‘Perusahaan Tercatat’ yang ada di bagian atas tampilan layar. Setelah itu, pilih sub-bagian ‘Profil Perusahaan Tercatat’.

Lalu, Anda perlu memilih opsi ‘cari berdasarkan saham’ dan ketikkan kode emiten perusahaan, yakni ‘ANTM’ lalu klik ‘Cari’ untuk memulai proses pencarian.

Cara melihat harga saham selanjutnya yaitu klik ‘Aneka Tambang Tbk’ yang ada di bagian bawah layar. Setelah itu, klik ‘Info Perdagangan’.

Jika sudah mengklik opsi tersebut, maka akan ada sebuah tabel yang berisi daftar perubahan harga saham dari perusahaan Aneka Tambang.

Dengan daftar perubahan harga tersebut, Anda bisa menyimpulkan sendiri apalah harga saham mengalami kenaikan atau penurunan.

Selain bisa mengetahui perubahan harga saham menggunakan platform IDX, Anda juga bisa menggunakan layanan dari Google. Caranya pun juga mudah dan cepat seperti cara melihat harga saham secara real time sebelumnya.

Cara pertama yaitu lakukan langkah-langkah melihat harga saham melalui Google seperti penjelasan sebelumnya.

Kemudian, Anda akan melihat hasil pencarian untuk kata kunci ‘Saham ANTM’. Nah, di sana akan ada opsi ‘5HR’ sampai ‘5TH’.

Pilihlah rentang waktu yang Anda inginkan. Jika sudah, maka akan muncul grafik dari perubahan harga saham di perusahaan Aneka Tambang pada rentang waktu yang Anda pilih tadi.

Cara Melihat Indeks Harga Saham Gabungan di IDX

Selain penting untuk mengetahui cara melihat harga saham, Anda juga perlu tahu cara melihat indeks harga saham gabungan di platform satu ini.

Namun, apakah Anda sudah tahu apa itu indeks harga saham gabungan?

Indeks harga saham gabungan (IHSG) adalah informasi tentang pergerakan harga saham rata-rata dari semua perusahaan yang sudah tercatat di IDX.

Pada laman IDX sendiri nama IHSG adalah Composite.

Setiap harga saham memilih IHSG yang berbeda-beda, ada yang stagnan, turun, dan ada juga yang meningkat.

Jika ternyata IHSG meningkat, maka kesimpulannya harga saham rata-rata suatu perusahaan juga meningkat.

Lantas, bagaimanakah cara melihat IHSG di IDX?

Pertama, kunjungi laman resmi IDX di idx.co.id. setelah itu, klik kolom ‘Ikhtisar Pasar’ yang ada di bagian atas tampilan layar. Setelah itu, pilihlah kolom ‘Composite’.

Dengan mengklik ‘composite’, maka Anda sudah bisa melihat indeks harga saham gabungan dari waktu ke waktu.

Baiklah, sekian informasi tentang cara melihat harga saham di IDX yang bisa terapkan. Informasi ini penting karena akan berpengaruh ketika akan melakukan transaksi saham.

Tinggalkan komentar